Sekolah Tarakanita Berbagi Praktik Baik Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi

Kepala SMP Tarakanita 2 Jakarta, Yosef Todarung
Kepala SMP Tarakanita 2 Jakarta, Yosef Todarung (KalderaNews/Teresia Wening Dwi Rahayu)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Dalam rangka mendukung peningkatan capaian Rapor Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Tahun 2023, BPMP Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan kegiatan Advokasi/Pendampingan Peningkatan Kualitas Pembelajaran Berdasarkan Capaian Asesmen Nasional ke Satuan Pendidikan pada pada 23-25 Agustus 2023. 

Kegiatan dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pendidik terkait konsep dan bentuk pelaksanaan Asesmen Nasional dan untuk meningkatkan kemampuan pendidik dalam menganalisis contoh asesmen literasi membaca dan numerasi Assesmen Kompetensi Minimum (AKM).

Peserta kegiatan terdiri dari unsur pengawas sekolah, KKKS/MKKS jenjang SD, SMP dan SMA, KKG/MGMP jenjang SD, SMP, dan SMA, dan guru penggerak. Jumlah peserta kurang lebih 80.

BACA JUGA:

Pada kesempatan ini Sekolah Tarakanita berkesempatan menjadi fasilitator dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Priovinsi DKI Jakarta yang diwakili oleh Yosef Todarung selaku Kepala SMP Tarakanita 2 Jakarta dan Filemon Sagala selaku Wakil Kepala Sekolah SD Tarakanita 5 Jakarta.

Yosef Todarung menyampaikan Praktik Baik tentang “Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi”. Dalam penjelasannya  ia menyampaikan apa yang sudah dilakukan di Sekolah Tarakanita, yakni pola kebijakan dan penetapan sistem IKM dan peningkatan capaian kompetensi literasi dan numerasi masuk yang dalam fokus program sekolah.

Strategi implementasinya menggunakan acuan pokok Kurikulum Cc5+ Tarakanita yang penekanannya pada value Cerdas Berintegritas membentuk pribadi yang utuh dengan dijiwai semangat cinta kasih dan Karakter Profil Pelajar Pancasila serta pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) yang terintegrasi lintas kompetensi dan lintas mata pelajaran dan mengacu pada minat bakat dan kebutuhan belajar setiap peserta didik secara personal maupun kelompok (pembelajaran berdiferensiasi)

Sementara itu, Filemon Sagala menyampaikan topik Penjaminan Mutu dan Implementasi Praktik Baik Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi.

Wakil Kepala Sekolah SD Tarakanita 5 Jakarta, Filemon Sagala
Wakil Kepala Sekolah SD Tarakanita 5 Jakarta, Filemon Sagala (KalderaNews/Teresia Wening Dwi Rahayu)

Dalam penjelasannya Filemon Sagala berbagi bagaimana implementasikan Penjaminan Mutu di Yayasan Tarakanita dengan menerapkan 6 program yaitu:

  1. Membentuk Kelompok Kerja Guru sebagai wadah kegiatan guru merencanakan strategi belajar mengajar dan mendiskusikan masalah-masalah yang dihadapi melaksanakan.
  2. Hari Studi Guru (HSG) wadah sharing pengetahuan dan ketrampilan dari guru oleh guru untuk guru setiap Sabtu kedua setiap bulan
  3. Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan memperbaiki dan atau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas dan dilakukan secara berkala
  4. Melaksanakan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Internal agar mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat
  5. Melaksanakan Supervisi Silang Pembelajaran Literasi dan Numerasi agar membantu guru melakukan diagnosis secara kritis terhadap aktivitasnya di kelas dan kesulitan dalam mengajar belajar
  6. Membuat Event OSTARNAS (Olimpiade Sains Tarakanita Nasional) untuk meningkatkan kompetensi peserta didik maupun guru melalui eksplorasi pengetahuan yang mendorong pada peningkatan pribadi cerdas, unggul dan berkarakter.

Masih banyak lagi program strategis dan pembiasaan yang dilakukan seperti pojok literassi, jurnalis cilik, STEAM, Math Club, Majalah Dinding, menulis (antologi), kunjungan perpustakaan, emagazine, pohon literasi, Robor For Mission (RFM) dan penerapan soal berbasis AKM pada KBM

Praktik baik yang disampaikan Yosef Todarung dan Filemon Sagala diharapkan dapat menginspirasi sesama pendidik dalam mengimplementasikan Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi yang bermakna dan kontekstual sesuai kebutuhan peserta didik dan kekhasan sekolah masing-masing dalam mendukung peningkatan capaian Rapor Pendidikan Provinsi DKI Jakarta. (Teresia Wening Dwi Rahayu)

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*