Peraih Medali Emas IEO: Berpestasi Ibarat Lari Maraton, Bukan Tentang Siapa yang Paling Cepat, Melainkan…

Himyar Arsenio Kamaka.
Himyar Arsenio Kamaka (KalderaNews/Dok. Puspresnas)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Membanggakan Indonesia di panggung bakat internasional menjad idaman setiap anak bangsa, tak terkecuali bagi Himyar Arsenio Kamaka.

Pada 24 Juli-2 Agustus 2023 lalu siswa kelas 12 dari SMAN 8 Jakarta ini berhasil menggapai impiannya dengan meraih medali emas dan penghargaan Best Financial Literacy di International Economics Olympiad (IEO) di Volos, Yunani, serta membantu Tim Olimpiade Ekonomi Indonesia meraih posisi Juara Umum kedua.

Perjalanan perjuangan Himyar dimulai saat ia masih SD pada 3 Desember 2005 di Jakarta. Sebelum menetapkan pilihan dalam bidang ekonomi, ia telah mengumpulkan beragam prestasi. Saatsa SD, ia sudah aktif dalam berbagai perlombaan seperti Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dalam kategori Mendongeng.

BACA JUGA:

Ketika SMP, ia berkompetisi dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) catur dan Olimpiade Sains Nasional (OSN) matematika.

Saat memasuki SMA, Himyar akhirnya menemukan minatnya dalam bidang ekonomi setelah menjajaki berbagai bidang. Ia merasa bahwa bidang ekonomi adalah kombinasi ilmu yang cocok dengan minatnya dalam bersosialisasi dan berinteraksi.

Dengan tekad dan semangat, ia mempelajari materi secara mandiri melalui teknologi, termasuk sumber-sumber daring dan YouTube.

Setelah meraih kesuksesan dalam berbagai kompetisi tingkat nasional, Himyar terus melangkah. Pada tahun 2022, ia berhasil melalui seleksi di sekolahnya untuk mewakili SMAN 8 Jakarta dalam OSN. Kemenangan itu membawanya ke level provinsi dan akhirnya menjadi wakil DKI Jakarta dalam OSN tingkat nasional. Ketekunan dan perjuangan terus berbuah, dengan meraih medali perunggu dalam OSN bidang Ekonomi.

Setelah itu, Himyar dipilih oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbudristek untuk menjalani seleksi dan pembinaan dalam rangka persiapan ajang internasional. Melalui tiga tahapan seleksi, ia berhasil menjadi wakil Indonesia dalam International Economics Olympiad (IEO) 2023 di hadapan 50 negara.

Pada tanggal 1 Agustus 2023, dalam momen peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia, Himyar dan rekan-rekannya dari IEO mengibarkan bendera merah putih dengan memenangkan posisi Juara Umum kedua.

Himyar juga memperoleh medali emas dan penghargaan Best Financial Literacy, sukses yang membuatnya, keluarganya, sekolah, dan Indonesia merasa bangga. Mimpi Himyar untuk mengharumkan nama Indonesia di panggung internasional akhirnya terwujud.

Sebelum prestasi gemilang di IEO, Himyar telah mencatat sejumlah prestasi lain, termasuk dalam bidang FLS2N, O2SN, dan OSN. Selain itu, ia juga terlibat dalam pembinaan Beasiswa Indonesia Maju (BIM) Angkatan 3 dari Pusat Prestasi Nasional.

Dengan cinta pada bidang ekonomi, Himyar mulai berbagi pengetahuannya dengan mengajar adik-adik kelas dan mendirikan platform media dalam bidang ekonomi. Ia memiliki cita-cita besar untuk memberikan kontribusi bagi Indonesia melalui kebijakan-kebijakan ekonomi.

Himyar berpesan kepada para pencari prestasi di seluruh Indonesia bahwa meraih kesuksesan adalah perjalanan panjang seperti lari maraton, bukan tentang siapa yang paling cepat, melainkan siapa yang bertahan dalam perjalanan yang penuh tantangan.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*