Wayang Kulit Dalang Cilik Athaya Jihadin Sadida Semarakkan Rangkaian Dies Natalis ke-37 UMBY

Rektor UMBY, Dr. Agus Slamet, S.TP., M.P., MCE , bersama Perwakilan Yayasan Wangsa Manggala Aryo Winoto S Pt Aryo Winoto, S.Pt saat penyerahan wayang gunungan pada Ki Catur Kuncoro
Rektor UMBY, Dr. Agus Slamet, S.TP., M.P., MCE , bersama Perwakilan Yayasan Wangsa Manggala Aryo Winoto S Pt Aryo Winoto, S.Pt saat penyerahan wayang gunungan pada Ki Catur Kuncoro (KalderaNews/Dok. UMBY)
Sharing for Empowerment

BANTUL, KalderaNews.com – Dalam rangkaian Dies Natalis ke-37 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan pagelaran wayang kulit pada malam di Kampus 1 Jalan Wates Km 10 Sedayu Bantul pada Sabtu, 26 Agustus 2023 lalu.

Pagelaran tersebut melibatkan Dalang Ki Catur Kuncoro dan Dalang Cilik Athaya Jihadin Sadida.

Athaya Jihadin Sadida membawakan lakon “Sugriwo Subali” selama 1,5 jam. Setelah itu, dalang wayang kulit dari Bantul, Ki Catur Kuncoro, menampilkan lakon “Jumenengan Pringgodani” yang berlangsung semalaman.

BACA JUGA:

Beberapa tokoh penting turut hadir dalam acara tersebut, termasuk Wakil Bupati Bantul Joko Budi Purnomo, perwakilan Yayasan Wangsa Manggala Aryo Winoto S Pt, tokoh masyarakat DIY, tokoh budaya GBPH Yudhaningrat dan Rektor UMBY Dr. Agus Slamet, S.TP., M.P., MCE.

Rektor UMBY, Dr. Agus Slamet, S.TP., M.P., MCE, mengungkapkan bahwa pertunjukan wayang tersebut mencerminkan komitmen kampus dalam melestarikan budaya, meskipun berada dalam era kemajuan teknologi dan informasi.

Peluncuran Sport Center

Acara ini juga menjadi momentum peluncuran Sport Center yang telah direnovasi, menyediakan fasilitas untuk basket, futsal, dan bulu tangkis.

Dr. Agus Slamet menyatakan bahwa Sport Center akan mendukung kegiatan Fakultas Ilmu Keolahragaan UMBY dan memberikan mahasiswa akses untuk kegiatan olahraga indoor.

Wakil Bupati Bantul, Joko B Purnomo, memberikan apresiasi tinggi terhadap peringatan Dies Natalis ke-37 UMBY dan kontribusinya terhadap perekonomian masyarakat Bantul.

Ia juga menyatakan kesiapan pemerintah kabupaten Bantul untuk bersinergi dengan UMBY.

GBPH Yudhaningrat, mantan Kepala Dinas Kebudayaan DIY dan pegiat seni kebudayaan, mengharapkan agar UMBY terus berkembang dan meneruskan perhatian terhadap budaya Indonesia seperti yang dicita-citakan oleh pendiri UMBY.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*