Sebanyak 1.475 Siswa Terbaik Berlaga di OSN 2023, Siapakah Juaranya?

Olimpiade Sains Nasional (OSN). (Dok.Puspresnas)
Olimpiade Sains Nasional (OSN). (Dok.Puspresnas)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Sebanyak 1.475 siswa dari jenjang SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA ikut Olimpiade Sains Nasional atau OSN 2023, 27 Agustus – 2 September 2023 secara hybrid.

Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Ir. Hendarman, MSc., PhD. Mengatakan, OSN ini untuk mengidentifikasi talenta unggul di bidang sains.

BACA JUGA:

“Dengan semangat merdeka belajar, ajang OSN dapat menjadi penanda yang lebih kuat bahwa anak-anak Indonesia mampu berpikir merdeka dan berprestasi pada bidang apapun yang mereka sukai dan minati,” terangnya.

OSN adalah ajang kompetisi bidang sains bagi para peserta didik SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA atau yang serajat dari 38 provinsi seluruh Indonesia.

Selain itu, OSN 2023 ini juga diikuti oleh siswa dari Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN) dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.

Hendarman menjelaskan bahwa OSN 2023 tingkat SD dan SMP/sederajat digelar secara daring. Sedang jenjang SMA/sederajat diadakan secara luring di Kota Bogor Jawa Barat.

Bidang yang dilombakan

  • SD/MI terdiri dari dua bidang lomba, yaitu: matematika IPA
  • SMP/MTS, 3 bidang lomba, yakni: matematika IPA IPS
  • SMA/MA, ada 9 bidang lomba, yaitu: matematika, fisika, kimia, informatika, biologi, astronomi, ekonomi, kebumian, dan geografi.

Peserta OSN 2023

Jumlah peserta OSN jenjang SD/MI dari tingkat kabupaten atau kota ada 148.686 siswa. Kemudian untuk tingkat provinsi menyusut menjadi 4.054 siswa. Dan mereka yang ikut dalam tingkat nasional ada 230 siswa.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*