Kasus Bayi di Bogor Dipastikan Tertukar, Apa Itu Tes DNA, Manfaat, Biaya, Syarat dan Bagaimana Cara Melakukanya?

Sharing for Empowerment
  • Pengumpulan sampel. Tahap pertama dari cara tes DNA adalah pengumpulan sampel. Sampel dapat berupa cairan tubuh atau rambut seseorang, keduanya membawa DNA sehingga dapat dijadikan bahan uji. Misalnya paling sederhana dengan sampel menggunakan liur. Kamu cukup meludah saja di tabung yang sudah disediakan.
  • Ekstraksi sel. Kemudian sel akan diekstraksi. Cara ini dilakukan dengan cara memecah membran sel. Umumnya tahap ini dilakukan dengan cara menambahkan enzim ke dalam larutan yang mengandung sampel DNA.
  • Pemisahan DNA. Prosedur selanjutnya yaitu pemisahan DNA. Cara memisahkan DNA yang paling umum adalah proses elektroforesis. Metode ini menggunakan medan listrik untuk mengurutkan molekul dalam sampel.
  • Penyalinan DNA. Proses penyalinan DNA disebut juga dengan PCR. Salinan DNA ini-lah yang nantinya akan diuji untuk penanda genetik. Mesin PCR dapat melakukan reaksi untuk memperbanyak DNA secara keseluruhan. Proses PCR terdiri dari tiga tahap yaitu denaturasi, annealing, dan ekstensi.
  • Pengujian DNA. Pengujian dilakukan untuk menemukan penanda genetik dalam DNA yang dapat mengidentifikasi hubungan. Ada ribuan penanda genetik yang diketahui. Namun, tes ini hanya akan melaporkan 16-21 penanda genetik yang lebih spesifik.
  • Pembandingan DNA. Setelah menemukan penanda genetik, proses selanjutnya adalah pembandingan DNA. Dalam kasus DNA untuk mengetahui status anak dan ayah, calon ayah harus cocok dengan setengah dari penanda genetik anak, karena setengah lainnya berasal dari ibu. Hasil tes DNA akan dijalankan dari pasien baru dapat dilihat 2-4 minggu.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*