Survei MMI: Anak-anak di Malang Banyak yang Tidak Kenal Lagu Daerah, Tahunya Lagu Percintaan, K-Pop dan Bahasa Inggris

Peserta didik Sekolah Dasar (SD)
Peserta didik Sekolah Dasar (SD) (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

MALANG, KalderaNews.com – Banyak anak di bawah umur yang tinggal di Kota Malang tidak banyak yang mengenal lagu-lagu tradisional daerah. Hal ini terungkap dari hasil survei yang dilakukan oleh Museum Musik Indonesia (MMI).

Ratna Sakti Wulandari, Ketua MMI, menjelaskan bahwa baru-baru ini pihaknya telah melakukan survei dengan melibatkan 400 anak sebagai responden.

Temuan dari survei tersebut menunjukkan bahwa sekitar 360 anak, atau sekitar 90 persen dari responden, tidak memiliki pengetahuan tentang lag

“Ditemukan banyak anak yang tidak memiliki pengetahuan atau lupa terkait lagu-lagu daerah. Survei ini dilakukan sekitar empat minggu yang lalu. Pendekatan dilakukan dengan memberikan sejumlah pertanyaan kepada anak-anak di sekitar Museum Brawijaya dan Perpustakaan Umum Kota Malang,” ungkap Ratna pada Rabu, 28 Agustus 2023.

Ratna juga menyatakan bahwa anak-anak di Kota Malang lebih mengenal lagu-lagu dengan tema percintaan, musik K-Pop, dan bahasa Inggris.

Menurutnya, lagu-lagu ini lebih dikenal oleh anak-anak karena banyaknya penyebaran di berbagai platform media sosial seperti TikTok atau Instagram.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*