Raih Sarwono Award 2023, Inilah Sosok Profesor Melani Budianta yang Konsisten di Jalur Sastra dan Budaya

Profesor Melani Budianta
Profesor Melani Budianta meraih Sarwono Award 2023 (KalderaNews/Dok. BRIN)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Konsistensi Profesor Melani Budianta dalam mengembangkan studi sastra dan budaya mengantarkannya meraih Sarwono Award 2023.

Penghargaan ini diresmikan melalui Surat Keputusan Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) No 245/I/HK/2023 sebagai apresiasi atas kontribusinya dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya dalam bidang ilmu budaya.

Tumbuh dalam lingkungan keluarga yang mencintai sastra dan buku, Melani mengungkapkan bahwa di masa kecilnya terdapat aturan tak tertulis di mana saat ada perayaan ulang tahun, hadiah yang diberikan hanya berupa buku atau karya kreasi pribadi.

BACA JUGA:

Karena itu, tak mengherankan bahwa setelah menamatkan SMA, ia memilih untuk mengambil Jurusan Sastra Inggris di Universitas Indonesia (UI).

“Di tahun 1979, saya mendapatkan beasiswa S2 di Amerika dan kemudian kembali ke Indonesia untuk mengajar. Saya juga melanjutkan pendidikan S3. Saat pulang, saya mulai mengembangkan kajian sastra dan budaya di UI,” papar Melani saat penerimaan award.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*