Pulang Ikuti Program IISMA dari Kampus Tersohor di AS Yale University, 20 Mahasiswa Jadi Lebih Terbuka Wawasannya

20 mahasiswa Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2023 di Yale University
20 mahasiswa Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2023 di Yale University (KalderaNews/Dok. IISMA)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Sebanyak 20 mahasiswa Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2023 sukses menyelesaikan studi mereka selama satu semester di Yale University.

Kedatangan mereka diterima dengan hangat oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) serta tim pelaksana Program IISMA.

Pengalaman belajar di salah satu universitas terkemuka di Amerika Serikat ini tentunya menjadi momen yang berharga bagi 20 mahasiswa yang berhasil dipilih melalui proses seleksi yang ketat.

BACA JUGA:

Pengalaman berharga ini juga dipengaruhi oleh fakta bahwa Yale University adalah salah satu perguruan tinggi tertua di Amerika Serikat dan merupakan anggota Ivy League, dengan reputasi yang sangat tinggi di kalangan akademisi serta diakui atas kontribusinya dalam menghasilkan tokoh-tokoh penting.

Plt. Direktur Jenderal Diktiristek, Nizam, memberikan selamat kepada para mahasiswa yang berhasil menyelesaikan studi mereka dengan memegang teguh nilai-nilai nasional di lingkungan universitas dan negara tuan rumah.

“Pasti banyak pengalaman berharga yang bisa mereka bagikan dan menjadi inspirasi bagi teman-teman di kampus mereka,” kata Nizam di Jakarta pada Sabtu, 19 Agustus 2023 lalu.

Nizam juga berharap bahwa mahasiswa ini dapat memberikan kontribusi positif bagi Indonesia. Dia mencatat bahwa contoh praktik baik dari para alumni IISMA termasuk penerbitan buku antologi esai tentang hubungan diplomatik Indonesia dengan negara-negara di Eropa Timur, yang ditulis oleh alumni IISMA tahun 2022 yang belajar di kawasan tersebut selama satu semester.

“Saya berharap bahwa jejak positif ini akan terus berlanjut, sehingga kisah sukses dari para mahasiswa dapat lebih banyak dibagikan dan diinspirasi kepada masyarakat luas,” tambahnya.

Tahun Ini Ada 4 dari 8 Ivy League Jadi Tuan Rumah

Kepala Program IISMA, Rachmat Sriwijaya, juga menyambut dengan hangat kedatangan mahasiswa IISMA yang telah menuntut ilmu di Yale University.

Menurutnya, mereka adalah representasi terbaik bangsa yang terpilih untuk belajar di salah satu universitas terbaik di AS.

“Partisipasi Yale University sebagai tuan rumah merupakan suatu kebanggaan bagi Program IISMA. Pada tahun ini, empat dari delapan universitas terkemuka di Amerika Serikat yang tergabung dalam Ivy League menjadi tuan rumah kami.”

Harapan kami, tahun depan semua universitas dalam jaringan tersebut dapat menjadi tujuan studi bagi mahasiswa IISMA,” kata Rachmat.

Pengalaman Unik

Salah satu perwakilan mahasiswa IISMA di Yale University, Aditya Manggala, yang juga Co-Student Representative (SR), berbagi pengalaman bahwa selama masa studinya, ia dan teman-temannya telah mendapatkan dukungan yang berarti dari berbagai pihak, sehingga mereka dapat merasa nyaman dalam belajar dan beradaptasi dengan lingkungan baru.

“Pengalaman unik ini telah membuka wawasan kami dan menjadikan segala kemungkinan menjadi lebih terbuka,” ungkapnya.

Sementara itu, pelaksanaan Program IISMA juga mendapat apresiasi dari Perguruan Tinggi Dalam Negeri (PTDN) yang berperan sebagai institusi pengirim mahasiswa.

Iman Harymawan, Direktur Airlangga Global Engagement di Universitas Airlangga, mengatakan bahwa melalui pelaksanaan program IISMA, diharapkan dapat menjadi akselerator dalam mendukung kemajuan Indonesia.

Sejak diluncurkan pada tahun 2021, lebih dari 20.000 mahasiswa telah mendaftar untuk Program IISMA dan lebih dari mahasiswa akademik dan vokasi telah dikirim ke luar negeri untuk memperluas wawasan dan memperkenalkan budaya Indonesia kepada dunia.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu. Tertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*