Awan Kumulus Minim di Musim Kemarau Jadi Tantangan Berat Implementasi TMC Jabodetabek

Sharing for Empowerment

Ini dilakukan dengan menyebarkan bahan semai seperti dry ice atau es kering di ketinggian tertentu di udara, membentuk lapisan awan di ketinggian tersebut.

Proses ini terjadi ketika tidak ada perbedaan suhu signifikan di ketinggian tersebut, yang menciptakan lapisan inversi. “Kami akan mengganggu lapisan inversi ini sehingga polutan-polutan yang terperangkap di sekitar wilayah Jakarta dapat naik ke atas,” jelas Budi.

Namun demikian, metode TMC tanpa hujan ini memerlukan persiapan matang. Menurut Budi, saat ini mereka belum siap dan masih perlu merancang serta membuat konsul untuk menempatkan dry ice di dalam kabin pesawat.

Dry ice sendiri adalah CO2, dan pengaturan pengemasan dan penanganan di pesawat harus hati-hati agar tidak ada kekurangan oksigen atau hipoksia bagi awak pesawat.

Kapur Tohor

Menurut Budi, ada alternatif bahan semai lain yang dapat dicoba yaitu kapur tohor. Perbedaannya, dry ice membuat udara menjadi lebih dingin, sedangkan kapur tohor membuatnya lebih hangat. Tetapi prinsipnya tetap sama, yakni mengubah suhu pada lapisan isotherm di ketinggian tertentu untuk mengganggu stabilitas atmosfer.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*