Tip Menguasai Materi Belajar di Kelas atau Perkuliahan Anti Lupa, Coba Yuk!

Ilustrasi Belajar dari Rumah (KalderaNews.com/Ist)
Ilustrasi Belajar dari Rumah (KalderaNews.com/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Salah satu tantangan utama dalam proses belajar adalah bagaimana menguasai materi dengan baik sehingga informasi tersebut tidak cepat lupa. Kamu sering sekali lupa dengan materi yang sudah dipelajari? Cek tipnya di sini, yuk!

Menguasai materi belajar dengan baik adalah kunci untuk mencapai hasil belajar yang lebih baik dan mengembangkan pemahaman yang mendalam. Sayangnya, tidak semua orang dibekali dengan otak yang jenius untuk bisa menghafal banyak materi dan tidak mudah lupa denga napa yang sudah dihafal.

Namun tenang, di sini ada beberapa tip efektif yang dapat membantu kamu belajar dengan lebih baik. Inilah tip menguasai materi belajar anti lupa!

BACA JUGA:

Buat Catatan yang Efektif

Jangan hanya membaca atau mendengarkan, tetapi tuliskan catatan mengenai materi di kelas. Jelaskan dalam kata-kata kamu sendiri, atau coba share dengan teman. Aktivitas ini membantu kamu memproses informasi dengan lebih mendalam.

Buat catatan singkat dan ringkas selama sesi belajar. Gunakan poin-poin penting, konsep kunci, dan contoh untuk membantu kamu mengingat informasi dengan lebih mudah.

Gunakan Teknik Visualisasi

Buat gambaran tentang konsep atau informasi yang kamu pelajari dengan visualisasi. Cara ini dapat membantu membangun hubungan antara informasi dan memori visual.

Gunakan Metode Pengulangan

Metode pengulangan seperti “spacing” (mengulang dengan jarak waktu yang diatur) atau “interleaving” (bergantian antara topik yang berbeda) dapat membantu memperkuat memori jangka panjang.

Terapkan Teknik Aktif Recall

Tip menguasai materi belajar di kelas selanjutnya adalah dengan mencoba uji diri sendiri. Cobalah  latihan soal dengan bertanya tentang materi yang telah kamu pelajari tanpa melihat catatan atau buku. Proses mengingat secara aktif ini akan membantu memperkuat memori.

Berikan Konteks pada Materi

Selanjutnya, kamu bisa Hhubungkan informasi baru dengan pengetahuan atau pengalaman yang sudah ada dalam pikiranmu. Konteks akan membantu kamu mengingat dan memahami materi lebih baik.

Coba Jelaskan Materi yang Sudah Diingat Kepada Orang Lain

Mengajarkan materi kepada orang lain juga bisa menjadi cara untuk memaksamu mengorganisasi informasi dengan baik dan menjelaskannya dengan jelas. Proses ini membantu memperkuat pemahaman kamu.

Gunakan Teknik Cerita atau Narasi

Tip menguasai materi belajar di kelas atau perkuliahan yang terakhir adalah menghubungkan informasi dengan cerita atau narasi yang dapat membantu kamu mengingat detail dengan lebih baik, karena otak lebih mudah mengingat alur cerita.

Coba Konsumsi Makanan yang Membuat Otak Cerdas

Makanan yang kaya omega-3, antioksidan, dan nutrisi penting lainnya dapat mendukung kesehatan otak dan fungsi kognitif yang baik. Jadi, cobalah untuk rutin mengkonsumsinya.

Menguasai materi belajar dengan baik adalah keterampilan yang dapat dikembangkan. Semoga tip menguasai materi belajar di kelas atau perkuliahan ini bisa membantumu!

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*