Tip Membuat Timeline Persiapan Kuliah ke Luar Negeri

Bandara Internasional Soekarno Hatta di Cengkareng
Suasana lengang di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta pada Minggu, 16 Januari 2022 (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kamu ingin kuliah ke luar negeri? Sudah mempersiapkan semuanya dengan matang? Coba intip yuk tip membuat timeline persiapan kuliah ke luar negeri ini.

Kuliah ke luar negeri bukanlah hal mudah untuk dilakukan, namun bisa memberikan pengalaman berharga. Untuk bisa kuliah ke luar negeri, dibutuhkan persiapan yang baik, dan sangat penting untuk memastikan bahwa kamu siap menghadapi tantangan dan kesempatan yang akan datang.

Membuat timeline persiapan yang efektif adalah kunci untuk memastikan semua proses kuliah berjalan dengan baik. Inilah langkah-langkah yang dibutuhkan untuk membuat timeline persiapan kuliah ke luar negeri.

BACA JUGA:

1. Lakukan Riset, 12-18 Bulan Sebelum Keberangkatan

Langkah pertama dalam membuat timeline adalah dengan memulai riset tentang negara tujuan, universitas, program studi, dan persyaratan penerimaan. Kamu juga perlu memeriksa persyaratan visa dan asuransi kesehatan, serta biaya hidup di negara tersebut. Pertimbangkan kemungkinan beasiswa atau bantuan keuangan dan catat deadline aplikasinya.

2. Mulai Siapkan Diri untuk Mengikuti Ujian Tes Masuk Universitas 10-12 Bulan Sebelum Keberangkatan

Apabila kampus tujuan memberi syarat TOEFL atau IELTS, maka kamu perlu mempersiapkan diri, minimal 10-12 bulan sebelumnya. Selain syarat TOEFL, kamu juga harus mempersiapkan diri untuk ujian masuk. Cari tahu kapan tanggal ujian masuk kampus dan mulai persiapan dengan matang.

3. Coba Ajukan Beasiswa, 6-12 Bulan Sebelum Keberangkatan ke Negara Tujuan

Beberapa beasiswa ada yang mensyaratkan jika kamu harus diterima terlebih dahulu di kampus tujuan. Jika kamu mencari beasiswa nantinya, maka kumpulkan informasi tentang persyaratan dan tenggat waktu pengajuan.

Tulis esai atau proposal yang kuat, fokus pada prestasi akademis, kontribusi sosial, dan alasan ingin belajar di luar negeri.

4. Tentukan Akomodasi ke Luar Negeri, 4-6 Bulan Sebelum Keberangkatan

Cobalah untuk melakukan riset mengenai pilihan akomodasi ketika kamu sudah diterima menjadi mahasiswa. Beberapa pilihan akomodasi atau tempat tinggal yang bisa dipilih adalah asrama kampus, apartemen, atau homestay.

Cari segera setelah kamu menemukan pilihan yang sesuai, karena tempat tinggal di luar negeri seringnya amat terbatas.

5. Uruslah Dokumen yang Dibutuhkan, 3-6 Bulan Sebelum Keberangkatan

Tip membuat timeline persiapan kuliah ke luar negeri selanjutnya adalah dengan memastikan bahwa kamu memiliki semua dokumen yang diperlukan, termasuk visa, paspor yang masih berlaku, dan asuransi kesehatan.

Pastikan dokumen-dokumen tersebut sudah siap dan diperbarui untuk menghindari hambatan terakhir saat persiapan.

6. Atur Budgeting 8-12 Bulan Sebelum Keberangkatan

Buat rencana keuangan yang rinci, mencakup biaya kuliah, akomodasi, biaya hidup, dan lain-lain. Buka rekening bank yang sesuai dengan negara tujuan dan pelajari tentang cara mengelola keuangan saat berada di luar negeri.

7. Mulai Mengatur Perjalanan 1 Bulan Sebelum Berangkat

Kalau tiketmu tidak ditanggung oleh pihak beasiswa, maka belilah tiket pesawat sesuai rencana perjalananmu. Atur transportasi dari bandara ke tempat akomodasi di negara tujuan.

Tip membuat timeline persiapan kuliah ke luar negeri ini akan membantu kamu menghadapi proses persiapan kuliah dengan lebih terorganisir dan tenang.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*