Indonesia Peringkat Teratas, 41 Persen Anak Alami Perundungan Lebih dari Sekali dalam Sebulan

Sharing for Empowerment

Mengingat kondisi tersebut, Abdul Fikri Faqih mendesak pemerintah, terutama Kemendikbud RI, untuk menyatakan darurat perundungan agar kesadaran dan kepedulian terhadap masalah ini semakin meningkat di kalangan semua pihak dan masyarakat.

Ia juga menekankan pentingnya evaluasi terhadap pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017, yang merupakan dasar program Nawacita Presiden Joko Widodo terkait Pendidikan karakter.

Selain itu, Kemendikbudristek RI juga telah meluncurkan program yang ambisius dan menggunakan anggaran negara yang signifikan yang disebut ‘Profil Pelajar Pancasila’. Program ini tertuang dalam Permendikbud RI Nomor 22 tahun 2020 tentang rencana strategis kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2020-2024.

Setelah enam tahun sejak dikeluarkannya Perpres 87/2017 dan tiga tahun setelah Permendikbud 22/2020, Abdul Fikri Faqih mempertanyakan apakah program-program tersebut benar-benar mencerminkan hasil dari pendidikan karakter dan pembentukan karakter pelajar Pancasila yang diharapkan. Ia mengungkapkan keprihatinannya terhadap masa depan bangsa jika kualitas pelajar saat ini lebih menonjolkan perilaku agresif daripada kecerdasan dan prestasi.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*