Inilah Cara Mendaftar KIP Kuliah 2023, Masih Dibuka Sampai Oktober Lho!

Mahasiswa. (image by freepik)
Mahasiswa. (image by freepik)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com– Simak cara mendaftar KIP Kuliah 2023 yang masih dibuka pendaftarannya hingga 31 Oktober 2023 mendatang.

KIP Kuliah 2023 merupakan program bantuan pendidikan yang memberikan pembiayaan biaya kuliah kepada mahasiswa sekaligus uang saku dari awal masuk sampai lulus sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

BACA JUGA:

Untuk bisa menjadi penerima KIP Kuliah, maka calon mahasiswa harus memenuhi syarat kepemilikan KIP yaitu berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH), keluarga yang memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), mahasiswa dari panti sosial atau panti asuhan, atau mahasiswa dari keluarga yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Jika tidak memenuhi salah satu dari kriteria di atas, maka calon mahasiswa masih dapat mendaftar KIP Kuliah Merdeka dengan catatan persyaratan ekonomi keluarga dikatakan tidak mampu sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Untuk membuktikan kondisi tersebut, maka orang tua harus memiliki pendapatan dengan jumlah yang tidak boleh melebihi Rp 4 juta per bulan.

Atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi dengan jumlah anggota keluarga tidak boleh melebihi Rp 750 ribu.

Pendaftaran untuk KIP Kuliah 2023 dapat dilakukan melalui situs Sistem KIP Kuliah dan aplikasi mobile KIP Kuliah.

Cara mendaftar KIP Kuliah 2023

Sebelum kamu ingin mendaftar, pastikan siapkan data NIK, Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan alamat email yang valid dan aktif.

Berikut ini langkah-langkah mendaftar KIP Kuliah:

  1. Buka laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id.
  2. Masukkan NIK, NISN, dan NPSN.
  3. Bila validasi berhasil, maka sistem akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang sudah kamu daftarkan.
  4. Buka email dan salin Nomor Pendaftaran dan Kode Akses
  5. Masukkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses pada halaman Sistem KIP Kuliah.
  6. Selesaikan proses pendaftaran di sistem sesuai dengan jalur yang dipilih dalam seleksi nasional atau seleksi perguruan tinggi, dalam hal ini pilih SNBP.
  7. Buka portal SNPMB dan lengkapi proses pendaftaran SNBP.
  8. Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di perguruan tinggi melalui jalur SNBP, maka bisa segera lakukan verifikasi yang dapat dilakukan di kampus masing-masing sebelum diajukan ke Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbudristek sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Itulah rangkaian cara mendaftar KIP Kuliah 2023 yang bisa dicoba. Pastikan syaratmu memenuhi dan segera lakukan pendaftaran selagi masih dibuka.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*