Apa Itu Ivy League? Istilah dalam Seleksi Beasiswa MOSMA 2023

Pendaftaran beasiswa MOSMA 2023. (Dok.beasiswa.kemenag.go.id)
Pendaftaran beasiswa MOSMA 2023. (Dok.beasiswa.kemenag.go.id)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Dalam informasi pengumuman beasiswa MOSMA 2023, terdapat istilah Ivy League seperti yang telah disebutkan oleh Ahmad Zainul Hamdi selaku Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) pada Kamis, 13 Juli 2023.

Apa itu Ivy League? Simak selengkapnya di artikel ini.

Istilah Ivy League ini disebutkan Zainul Hamdi dalam keterangannya yang dilansir dari laman Kemenag RI kemarin.

Pria yang juga akrab disapa Inung itu menyebut istilah Ivy League saat menjelaskan mengenai jumlah penerima beasiswa MOSMA 2023 yang lolos seleksi.

Setidaknya sebanyak 192 orang dinyatakan lolos pada tahap wawancara seleksi beasiswa MOSMA 2023.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 107 peserta lolos pada jenjang S1, 78 pada jenjang S2, sedangkan 7 orang pada jenjang S3. Wawancara ini sendiri dilakukan secara daring (dalam jaringan).

BACA JUGA:

“Ada 56 orang yang memilih program studi ke negara Arab, sementara 136 lainnya memilih program studi ke negara ASEAN, serta Amerika Serikat, Inggris, dan Australia,” Jelas Ahmad Zainul Hamdi.

Menurut Zainul, proses seleksi tahap wawancara ini dilakukan oleh para dosen ahli di bidangnya masing-masing.

Panitia menghadirkan empat dosen Psikologi serta 17 dosen/akademisi yang ahli dalam bidang akademik, Bahasa Arab, serta Bahasa Inggris.

Adapun hasil dari seleksi wawancara MOSMA 2023 ini akan diumumkan pada 15 Juli 2023. Seperti yang diterangkan Inung.

“Hasil seleksi wawancara ini akan diumumkan pada 15 Juli 2023,” terang Zainul.

Selain memberikan keterangan terkait jadwal pengumuman, Zainul juga menambahkan bahwa dari 192 peserta yang lolos tadi, saat ini sudah ada delapan mahasiswa jenjang S1 yang telah mendapatkan Conditional Offer dari Columbia University Amerika Serikat.

Kampus ini juga merupakan salah satu Ivy Leagues Universities di USA. “Conditional Offer menunggu hasil wawancara saat ini. Secara syarat bahasa, mereka sudah memenuhi syarat IELTS standar 7.0,” terang Zainul.

Lalu, apa itu Ivy League?

Ivy League merupakan sebuah asosiasi yang terdiri dari 8 universitas di USA. Jadi istilah “Ivy League” ini juga mempunyai konotasi kesempurnaan akademis dan elitisme akademis.

Selain Ivy League, anggotanya juga sering disebut dengan Ancient Eight (Delapan Sekolah Lama).

Anggota Ancient Eight itu adalah Universitas Brown (Providence, Rhode Island), Universitas Columbia (New York City, New York), Universitas Cornell (Ithaca, New York), Universitas Dartmouth (Hanover, New Hampshire) Universitas Harvard (Cambridge, Massachusetts), Universitas Pennsylvania (Philadelphia, Pennsylvania), Universitas Princeton (Princeton, New Jersey), dan Universitas Yale (New Haven, Connecticut).

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*