Orang Pintar dengan Energi Besar Tapi Tak Berintegritas Timbulkan Daya Rusak yang Sangat Dahsyat

Menkumham Yasonna H. Laoly
Menkumham Yasonna H. Laoly (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

BANDUNG, KalderaNews.com – Menkumham Yasonna H. Laoly menegaskan Indonesia Emas 2045 bukan sekadar impian, tetapi juga sebuah tujuan yang harus diwujudkan bersama. Dalam mencapai tujuan tersebut, dibutuhkan generasi unggul yang mampu menghadapi tantangan global dengan kemampuan inovasi dan kreativitas yang tinggi.

Generasi unggul memiliki peran penting dalam memajukan bangsa Indonesia menuju Indonesia Emas. Alasan utamanya adalah daya saing global, sebab dalam era globalisasi persaingan semakin ketat. Hanya mereka yang memiliki kemampuan unggul yang dapat bersaing.

Ia menyebutkan sepuluh faktor yang menimbulkan tantangan untuk membangun generasi unggul, yaitu perubahan geoekonomi; demografi dunia; urbanisasi global; perdagangan internasional; keuangan global; kelas pendapatan menengah; persaingan SDA; perubahan iklim; kemajuan teknologi; dan perubahan geopolitik.

BACA JUGA:

Salah satu tantangan yang disoroti adalah tantangan dalam pluralisme dan kebinekaan.

“Indonesia adalah negara yang sangat plural, dan rentan pada perpecahan, kalau masing-masing terlalu mengutamakan primordialisme,” papar Yasonna.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*