Baru Saja Lulus SMP/MTs, 500 Siswa Papua Sudah Berani Sekolah SMA di Jawa dengan Beasiswa Lho

Sharing for Empowerment

Mereka berasal dari enam provinsi wilayah Papua, yaitu Provinsi Papua, Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Pegunungan, Provinsi Papua Tengah, Provinsi Papua Barat, dan Provinsi Papua Barat Daya.

Selanjutnya mereka akan bersekolah di SMA/SMK selama tiga tahun berdasarkan penempatannya masing-masing di enam provinsi penyelenggara ADEM Wilayah Papua, yakni Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali.

Pembekalan wawasan kebangsaan bagi pelajar Papua itu diselenggarakan di empat lokasi terpisah, yaitu Resimen Induk Daerah Militer (Rindam) Jaya Jakarta; Rindam Diponegoro Magelang, Jawa Tengah; Rindam Brawijaya Malang, Jawa Timur; dan Rindam Udayana, Bali.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, mengatakan perjalanan tiga tahun di SMA/SMK adalah saatnya bagi para pelajar Papua untuk menorehkan prestasi sebanyak mungkin.

Saat ini sudah banyak peluang beasiswa untuk jenjang S-1 yang bisa diikuti, antara lain Beasiswa Indonesia Maju, Beasiswa LPDP, dan Kartu Indonesia pintar (KIP). Dalam proses seleksi beasiswa, prestasi saat bersekolah menjadi salah satu poin pertimbangan penerimaan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*