Tiga Reaktor Nuklir di Indonesia, Reaktor Kartini, Reaktor Triga, dan Reaktor G.A Siwabessy

Sharing for Empowerment

“Terdapat tiga fasilitas reaktor nuklir di Indonesia, yakni Reaktor Kartini, Reaktor Triga, dan Reaktor G.A Siwabessy. Reaktor GA. Siwabessy digunakan untuk riset bahan bakar nuklir, radiografi neutron, analisis aktivasi neutron, pewarnaan batu permata, riset berkas neutron, dan produksi radioisotop,” terang Rohadi.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, penggunaan iradiator gamma telah dimanfaatkan rumah sakit yang memiliki fasilitas pengobatan nuklir.

“Beberapa rumah sakit memiliki siklotron untuk produksi F-18, serta beberapa rumah sakit menggunakan nuklir untuk fasilitas radioterapi,” tambahnya.

Selain itu, pemanfaatan nuklir dalam radiofarmasi telah menghasilkan beberapa produk diantaranya MDP kit (methylene diphosphonate) untuk memindai tulang.

“Kemudian untuk radiasi gamma dapat bermanfaat untuk mutasi pengembangbiakan variatas seperti padi dan kedelai,” jelasnya.

Terkait keberlanjutan nuklir yang berkelanjutan dan ramah lingkungan, BRIN melalui Pusat Riset Teknologi Daur Ulang Bahan Bakar Nuklir dan Limbah Radioaktif yang bertugas untuk melakukan riset, pengembangan, penilaian, dan penerapan terkait teknologi pengolahan bahan baku nuklir, teknologi geologi nuklir, teknologi bahan bakar nuklir, dan teknologi pengolahan limbah radioaktif.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*