USD Terjunkan 1.261 Mahasiswa KKN ke 27 Desa di 3 Provinsi

Pelepasan 1.261 mahasiswa USD peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan ke-66 di Lapangan Realino, Kampus II USD, Mrican pada Selasa, 27 Juni 2023
Pelepasan 1.261 mahasiswa USD peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan ke-66 di Lapangan Realino, Kampus II USD, Mrican pada Selasa, 27 Juni 2023 (KalderaNews/Dok. USD)
Sharing for Empowerment

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Universitas Sanata Dharma (USD) melepas 1.261 mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan ke-66 untuk berkarya ke berbagai daerah.

Acara pelepasan para peserta KKN berlangsung di Lapangan Realino, Kampus II USD, Mrican pada Selasa, 27 Juni 2023.

Tema KKN pada periode ini adalah “Bersinergi bersama Masyarakat, Membangun Negeri.“

Acara ini dihadiri para pimpinan universitas diantaranya Wakil Rektor I, Prof. Ir. Sudi Mungkasi, Ph.D., Wakil Rektor II, Dr. Yohanes Harsoyo, M.Si., Wakil Rektor III, Dr. Titik Kristiyani, M.Psi., Wakil Rektor IV, Caecilia Tutyandari, Ph.D.

BACA JUGA:

Wakil Rektor I, Prof. Ir. Sudi Mungkasi, Ph.D menegaskan, tema KKN mengajak mahasiswa bersinergi dan mengintegrasikan ilmu di kampus untuk diterapkan di masyarakat.

“Saya berharap semua peserta dapat mengembangkan diri dan menjaga nama baik almamater Universitas Sanata Dharma,” ungkapnya.

KKN, pembentukan karakter mahasiswa

Kepala DIvisi Operasional Pusat Kuliah Kerja Nyata (PKKN) USD, Drs. Silverio Raden Lilik Aji Sampurno, M.Hum., menyampaikan, KKN Reguler ini adalah kegiatan kurikuler bagian integral pembentukan karakter mahasiswa.

“Proses pembentukan karakter ini akan terjadi dalam interaksi antara mahasiswa dan masyarakat, proses analisis sosial terhadap permasalahan dan potensi di masyarakat, dan juga melalui proses evaluasi dan refleksi,” ungkap Rio. 

Sasaran KKN USD angkatan 66 ini mencakup masyarakat di 3 provinsi (DIY, Jawa Tengah dan Kalimantan Barat), 5 Kabupaten (Temanggung, Kulon Progo, Sleman, Gunung Kidul dan Ketapang), 6 kecamatan dan 27 desa.

Pada tanggal 22 Juni 2023, sudah diberangkatkan 12 mahasiswa ke Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat dan pada 7 Juni 2023, sebanyak 1249 mahasiswa diberangkatkan ke 4 kabupaten lainnya.

1.261 mahasiswa peserta KKN ini berasal dari 6 fakultas, yaitu FKIP (391 mahasiswa), F. Ekonomi (354 mahasiswa), F. Sastra (187 mahasiswa), F Sains dan Teknologi  (77 mahasiswa), F. Farmasi (125 mahasiswa), dan F. Psikologi (115 mahasiswa).

Dibekali BPJS Ketenagakerjaan

Pelaksanaan KKN dibagi dalam 2 tahap, Observasi dan Penyusunan Program, serta Pelaksanaan Program, yang dilakukan dengan model live-in selama 30 hari dan 240 jam bekerja.

Pelaksanaan KKN USD dimaksudkan untuk menghasilkan program pemberdayaan masyarakat yang muncul dari kolaborasi dan sinergi peserta KKN dengan masyarakat.

Selama kegiatan KKN berlangsung, semua mahasiswa juga dibekali dengan jaminan kesehatan dan keselamatan kerja.

USD dan BPJS Ketenagakerjaan bekerja sama dalam rangka menciptakan lingkungan yang sehat dan aman, khususnya saat pelaksanaan program KKN selama satu bulan.  

Sofia Nur Hidayati, Kepala Bidang Kepesertaan Program Khusus BPJS menyampaikan bahwa kerjasama ini adalah hal sangat baik.

Ketua Lembaga Kesejahteraan Mahasiswa USD, Br. Yohanes Sarju SJ, menyampaikan, pemberian jaminan kesehatan dan keselamatan para peserta KKN wujud komitmen USD bagi mahasiswanya.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*