Pendaftaran KIP Kuliah 2023 Jalur Mandiri Dibuka, Begini Jadwal, Syarat, dan Cara Daftarnya

Mahasiswa. (image by freepik)
Mahasiswa. (image by freepik)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Bagi lulusan SMA sederajat, pendaftaran KIP Kuliah 2023 masih dibuka. Ini terbuka untuk calon mahasiswa di PTN maupun PTS.

KIP Kuliah merupakan singkatan dari Kartu Indonesia Pintar Kuliah.

Ini adalah program bantuan pemerintah kepada pelajar yang ingin menempuh pendidikan di perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta dengan prestasi yang dimiliki, meski memiliki keterbatasan secara ekonomi.

BACA JUGA:

Bantuan ini dapat dimanfaatkan untuk meringankan biaya pendidikan dengan menempuh jalur penerimaan secara prestasi, tes, maupun seleksi mandiri.

So, bagi kamu yang sudah mengikuti Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) tetapi tidak lolos, bisa menggunakan KIP Kuliah untuk mengikuti seleksi mandiri yang digelar masing-masing PTN dan PTS.

Syaratnya, kamu mesti mendaftarkan diri ke program KIP Kuliah sebelum mengikuti seleksi mandiri PTN dan PTS.

Jadwal pendaftaran KIP Kuliah

  • Pendaftaran akun KIP Kuliah: 14 Februari – 31 Oktober 2023
  • Seleksi Mandiri PTN: 16 Juni – 7 Oktober 2023
  • Seleksi Mandiri PTS: 23 Juni – 31 Oktober 2023

Syarat pendaftaran KIP Kuliah 2023 Jalur Mandiri

  1. Calon penerima KIP Kuliah adalah siswa SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal dua tahun sebelumnya.
  2. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang valid.
  3. Penerima KIP Kuliah memiliki potensi akademik baik tetapi keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah.
  4. Siswa SMA/SMK/MA atau sederajat yang lulus pada tahun berjalan dengan potensi akademik baik dan mempunyai Kartu KIP atau memiliki Kartu Keluarga Sejahtera atau terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.
  5. Penerima KIP Kuliah dinyatakan lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru dan diterima di PTN atau PTS pada prodi dengan akreditasi A atau B dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada prodi dengan akreditasi C.

Cara mendaftar KIP Kuliah 2023 Jalur Mandiri

Berikut cara daftar KIP Kuliah jalur mandiri PTN dan PTS 2023.

  • Kunjungi www.kip-kuliah.kemdikbud.go.id di browser perangkat apa saja.
  • Masukkan NIK, NISN, NPSN, dan alamat email yang valid dan aktif.
  • Sistem KIP Kuliah akan melakukan validasi NIK, NISN, dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah pada DTKS Kemensos.
  • Sistem KIP Kuliah akan mengirimkan nomor pendaftaran atau kode akses ke alamat email yang didaftarkan jika proses validasi berhasil.
  • Selesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan pilih jalur seleksi yang akan diikuti.
  • Selesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPT) sesuai jalur seleksi yang dipilih.
  • Sistem akan melakukan proses sinkronisasi dengan sistem tersebut dengan skema host-to-host.
  • Calon penerima KIP Kuliah yang dinyatakan diterima di perguruan tinggi dapat melakukan verifikasi lebih lanjut ke perguruan tinggi sebelum diusulkan menjadi calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*