Ini Sosok Rts Kurnia, Mahasiswi Tuna Daksa dari Jambi yang Punya Segudang Prestasi

Mahasiswi Tuna Daksa Rts Kurnia Bersama Menteri Pendidikan (KalderaNews.com/lst.)
Mahasiswi Tuna Daksa Rts Kurnia Bersama Menteri Pendidikan (KalderaNews.com/lst.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Keterbatasan fisik bukan penghalang untuk meraih mimpi dan banyak prestasi. Dibuktikan oleh seorang mahasiswa asal Jambi, Rts Kurnia atau yang sering disapa Nia ini yang punya segudang prestasi.

Salah satu prestasi yang paling bergengsi saat dirinya meraih medali perak dalam ajang 6th Penang International Halal Chef Chalenge di Malaysia tahun 2019 lalu.

Selain berprestasi dalam bidang kuliner di Negeri Jiran tadi, Nia juga mewakili Provinsi Jambi Cabang Olahraga renang pada Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI di Papua pada tahun 2021.

“Jangan pernah putus asa dalam meraih mimpi dan cita-cita. Nia yang seperti ini saja bisa, teman-teman juga pasti bisa,” kata Nia seperti dilansir dari laman resmi Puspresnas.

BACA JUGA:

Nia sendiri dilahirkan di Padang namun dibesarkan di Jambi oleh kedua orang tuanya. Ayahnya seorang pekerja swasta sedangkan ibunya penjual ayam geprek.

Meskipun dari keluarga sederhana, tak lantas membuat Nia putus asa dan tidak pernah ada rasa malas dalam belajar.

Bakat Nia sudah tampak ketika dirinya duduk di kelas 3 Sekolah Luar Biasa (SLB) Prof Dr Sri Soedewi Masjchun Sofwan Jambi.

Nia meraih juara kedua dalam Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) bidang Cipta dan Baca Puisi tingkat provinsi Jambi pada tahun 2013 lalu.

Tak hanya dalam bidang akademik, prestasi Nia juga pada bidang seni juga patut dibanggakan.

Nia memiliki bakat memasak ketika masih duduk di bangku sekolah dasar. Keterampilan khusus yang di dalamnya pula ada keterampilan memasak memang disedikan oleh pihak sekolah guna menunjang kegiatan siswa.

“Dari sekolah mengadakan semacam pelatihan, ada make-up, memasak, dan lain-lain. Awalnya aku coba ikut pelatihan memasak, lama-lama seru juga terus jadinya serius,” ungkap Nia.

Dengan mengasah keterampilan memasaknya, akhirnya Nia pun meraih prestasi dalam Bidang Tata boga.

Nia berhasil meraih juara dalam Lomba Kompetisi Siswa Nasional (LKSN) bidang Tata Boga tingkat provinsi Jambi di tingkat SMPLB/SMALB pada tahun 2018.

Minat dan bakat Nia memang sudah ditunjukkan semenjak dirinya baru di kelas 3 SD. Keluarganya pun sangat mendukung kegiatan positif yang dilakukan Nia semenjak sekolah itu. S

aat ini Nia merupakan mahasiswi Program Studi (Prodi) Pendidikan Luar Biasa di Universitas Negeri Padang (UNP).

Dirinya saat ini juga sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVII cabang olahraga Renang yang akan diselenggarakan di Aceh dan Sumatera Utara pada tahun 2024 mendatang.

Sosok Nia menunjukkan bahwa keterbatasan tidak menjadi penghalang seseorang untuk berkembang dan maju meraih cita-citanya.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*