Ingin Menjadi UI/UX Designer? Ini 7 Jurusan Kuliah Yang Harus Dipilih

Ilustrasi Kuliah (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi Kuliah (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Di era saat ini, profesi UI/UX Designer menjadi pekerjaan yang banyak diminati oleh pasar dan masyarakat.

Pasalnya, profesi UI/UX Designer ini menjadi kebutuhan di era teknologi seperti sekarang. Khususnya di dunia industri kreatif.

Nah, kalian ingin menjadi UI/UX Designer? Berikut 7 jurusan yang wajib diambil ketika masuk kuliah.

Untuk diketahui, bahwa UI Designer sendiri merupakan orang yang mendesain tampilan antarmuka (interface) pada sebuah aplikasi atau perangkat.

Nah, secara teknis, antarmuka yang terdapat di dalam UI Designer ini berkaitan dengan grafis, tata letak serta aspek desain fisik dari sebuah aplikasi.

BACA JUGA:

Sementara itu, UX Designer sendiri adalah orang yang membuat desain pengalaman penggunanya.

Untuk berkarier di dalam dunia UI/UX Designer juga bisa melalui banyak jalan dan cara.

Seperti dilansir dari @hotcourses_id, berikut 7 kuliah yang wajib kalian tempuh supaya menjadi UI/UX Designer. Jurusan-jurusan ini sesuai dengan bidang yang dibutuhkan dalam dunia UI/UX Designer.

1. Desain Grafis

Pada jurusan kuliah desain grafis ini, yang akan dipelajari adalah mengenai konsep, bentuk serta komposisi suatu karya komunikasi visual yang berupa gambar, garis, maupun elemen grafis lainnya. Jurusan ini tentu memiliki kaitan dengan profesi UI/UX Designer nantinya.

2. Sistem Informasi

Supaya dapat membuat aplikasi dengan baik, pastinya ditunjang pula dengan arsitektur informasi yang baik pula.

Maka kenapa kemudian jurusan sistem informasi juga masuk dalam daftar pilihan jurusan kuliah yang sesuai dengan bidang UI/UX Designer.

Jurusan sistem informasi akan mempelajari mengenai analisis data, perancangan database dalam sebuah sistem, manajemen informasi dan teknologi, dan lain sebagainya.

3. Desain Komunikasi Visual

Selain desain grafis dan SI di atas, jurusan kuliah desain komunikasi visual yang bisa menjadi salah satu pilihan jurusan jika kamu ingin bekerja sebagai UI/UX Designer.

Jurusan ini merupakan cabang dari ilmu desain yang di dalamnya mempelajari mengenai konsep sebuah komunikasi serta ungkapan kreatif, teknik dan media dengan memanfaatkan elemen-elemen visual untuk menyampaikan sebuah  pesan.

4. Ilmu Komputer

Tentunya, dalam merancang suatu aplikasi tidak cukup hanya dengan mengandalkan desain dan tampilan semata.

Sehingga perlu ada peranan dan sisi programming dalam pembuatan sebuah aplikasi, mulai dari struktur data, aplikasi matematika, bahasa pemrograman, basic front-end dan backend serta pemahaman terkait dengan statistika.

5. Desain Produk Industri

Di dalam jurusan ini, selain desain yang ditonjolkan, lulusan di jurusan ini juga ditantang untuk menghasilkan sebuah produk. Selain fisik, juga ada produk digital.

Dalam jurusan ini, nantinya akan belajar untuk membuat produk bagi kebutuhan manusia secara inovatif, nyaman digunakan, indah dipandang, ekonomis dan menawarkan kemudahan bagi para penggunanya.

6. Psikologi

Ilmu Psikologi mempelajari lebih dalam tentang manusia. Nah, ini juga erat berkaitan dengan pekerjaan UI/UX Designer, lho.

Karena pada setiap aktivitas yang dilakukan oleh pengguna, baik pada aplikasi maupun website, pastinya didorong atas keinginan dan kebutuhan pribadi penggunanya.

7. Antropologi

Secara sederhana, ilmu antropologi merupakan ilmu yang mempelajari kelompok manusia secara keseluruhan baik dari segi biologi, sosial hingga budaya. Tidak heran, jika ilmu antropologi juga melihat dari segi perilaku manusianya.

Nah, soal berbicara, tentang perilaku manusia juga erat hubungannya dengan role UI/UX Designer tadi.

Demikian tujuh jurusan yang wajib diambil jika kalian berminat kuliah dengan tujuan mempelajari mengenai UI/UX Designer.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*