Harus Tahu! Inilah 10 Situs Pendidikan Online Terbaik Untuk Pelajar

Ilustrasi: Pembelajaran jarak jauh atau online. (Ist.)
Pembelajaran jarak jauh atau online (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Sebagai pelajar milenial, tentu akrab dengan situs-situs online. Apalagi saat ini banyak situs tentang pendidikan bertebaran di dunia maya. Nah, berikut ini 10 situs pendidikan online terbaik yang wajib kalian ketahui.

Keterbatasan waktu dan dengan banyaknya kegiatan, tentu pilihan belajar secara online menjadi salah satu solusinya.

Dengan situs-situs online, belajar pun tidak akan bergantung ruang dan waktu. Sehingga nantinya kemampuan dan keahlian yang dimiliki akan semakin terasah.

Dari sekian banyak situs pendidikan, berikut ini 10 situs pendidikan online terbaik yang dapat dijadikan referensi belajar kalian ya, guys.

BACA JUGA:

Berikut rekomendasi 10 situs untuk dapat kalian akses. Simak baik-baik, ya!

Khan Academy

Organsiasi non-profit bernama Khan Academy ini didirikan oleh Salman Khan pada Tahun 2008. Beragam jenis ilmu dapat kalian akses dari situs ini. Mulai dari Matematika, Ilmu Komputer, Sains, hingga seni pun ada di sini. Selain itu, dapat juga memilih jenjang kelasnya.

TEDed

Nama ini merupakan singkatan dari Technology, Entertainment, Design. Organisasi yang dibentuk oleh Richard Saul Wurman ini berdiri pada 1984 dengan nama awal TED Conference.

Selain situs pendidikan, situs TEDed juga sudah memiliki cabang lain seperti TED Talks, TED-ed, TEDX, dsb. Selain dapat belajar tentang teknologi, entertainment hingga desain, kalian juga dapat berbagi melalui TED-ed Student Talks.

Coursera

Dalam situs belajar ini, terdapat ratusan pelajaran yang bisa kalian pilih sesuai minat dan bakatmu.

Tak tanggung-tanggung, materi dalam Coursera ini juga dibawakan oleh para ahli dari berbagai universitas terkenal dunia seperti Yale University, Columbia Univeversity, hingga Stanford University dan IBM.

Brainly

Situs pendidikan online dari Columbia ini memiliki slogan ‘Dari Bertanya Jadi Mengerti’. Brainly ini mengoperasikan sekelompok jaringan pembelajaran, dari siswa, guru dan orang tua.

Sistem dalam Brainly ini tidak jauh berbeda dengan Yahoo! Answer, dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari siswa, secara otomatis jawaban akan muncul dengan sendirinya. Sehingga siswa-siswa semakin mudah untuk belajar secara online.

Ruangguru

Nah, startup ini juga termasuk baru. Didirikan oleh Adamas Belva Syah Devara dan M. Iman Usman pada 2014 lalu. Ruangguru ini lebih fokus kepada bimbel atau belajar secara privat.

Yang ditawarkan adalah biaya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan belajar privat offline. Terdapat beragam mata pelajaran dan tenaga pengajar di sini.

Duolingo

Situs ini sangat cocok untuk belajar bahasa secara online. Didirikan pada tahun 2012 oleh Luis von Ahn dan Severin Hacker. Dalam situs ini, terdapat berbagai bahasa yang ada di dunia, termasuk bahasa Klingon dan High Valyrian.

Sesuai tagline-nya, “Learn a language for free. Forever,” kalian tidak ditarik biaya sepeserpun ketika mengakses semua bahasa yang ingin kalian pelajari. Duolingo juga sudah tersedia di aplikasi Android.

Zenius

Berdiri pada tahun 2007, Zenius menyediakan berbagai macam materi pelajaran mulai dari tingkat SD hingga SMA.

Selain itu, terdapat pula berbagai video dan e-book di dalamnya. Jika tertarik, kalian juga dapat mengunduh aplikasinya.

Quipper

Situs pendidikan selanjutnya bernama Quipper. Tidak jauh berbeda dengan  Ruangguru dan Zenius, Quipper juga disediakan bagi siswa, guru maupun orang tua.

Kelas Pintar

Pada situs ini, tersedia berbagai macam fitur. Mulai dari materi berbentuk animasi, audio, video hingga e-book.

Dengan mengakses situs ini, kalian akan mendapatkan metode pembelajaran lengkap mulai dari learn, practice hingga test.

Hubspot Academy

Di situs Hubspot Academy, kalian akan menemukan materi berupa karier dan bisnis. Penggunaan Hubspot Academy lebih kepada meningkatkan skill profesional.

Selain itu pula, dalam Hubspot Academy menyediakan layanan sertifikasi jika kalian berhasil menyelesaikan kursus.

Nah, demikian tadi 10 situs pendidikan online terbaik untuk pelajar yang dapat kalian akses. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*