BRIN-WUR Belanda Kolaborasi Akuakultur dan Perikanan

Sharing for Empowerment

“Menurut data Kementerian Kelautan dan Perikanan, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki volume produksi udang dan lobster tertinggi pada tahun 2020 sebesar 159,013 ton dan 68,01 ton. Berdasarkan data ini, terdapat peluang bagi NTB untuk menjadi penghasil utama udang dan lobster di Indonesia,” ungkap Ocky.

Ocky juga menambahkan sebagai salah satu komoditas unggulan nasional, udang menjadi pilihan dalam upaya peningkatan penerimaan negara dan mencapai target peningkatan produksi hingga 250 persen pada tahun 2024.

Diperlukan kerjasama dengan barbagai pihak untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan membantu pemenuhan kebutuhan pangan, pakan, dan bahan baku non pangan.

Riset terkait akuakultur

Kepala Pusat Riset Bioindustri Laut dan Darat Fahrurozi menyatakan Wagenigen University and Research adalah salah satu universitas ternama dunia, khususnya dalam bidang animal science dan aquaculture.

Periset dan kelompok riset di OR Kebumian dan Maritim harus membangun komunikasi dan kerjasama khususnya dalam peningkatan SDM IPTEK dan riset terkait akuakultur.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*