Waspada, Permukaan Laut Global Diproyeksi Naik 0,26-0,77 Meter (10-30 inci) pada 2100 Mendatang

Sharing for Empowerment

Lebih lanjut Gino menjelaskan bahwa pemilihan objek penelitian di Belitung karena keadaan manrove di Belitung lebih simple dan lebih mudah memahami mekanisme alam yang ada di Belitung.

“Kami fokus di Belitung karena kami lebih mudah mempelajari perubahan iklim terhadap sea level karena Belitung adalah daerah yang relatif tektoniknya kecil,” jelas Gino.

Peneliti ahli Utama di Pusat Riset Iklim dan Atmosfer dari BRIN, Tubagus Solihuddin menambahkan, penelitian yang tengah dilakukan adalah pendekatan terintegrasi untuk mengetahui kronologi naik turunnya permukaan laut serta pengaruhnya terhadap evolusi garis pantai dan kehidupan ekosistem pesisir seperti mangrove dan terumbu karang akan dilakukan melalui studi integrasi penginderaan jauh/sistem informasi geografi, pemboran dan pengambilan sampel sedimen, analisis laboratorium, penanggalan umur sampel, dan pengembangan model evolusi lanskap pesisir.

“Setelah diperoleh kuantifikasi proses tersebut, penelitian ini diharapkan dapat mendukung pemangku kepentingan dalam membuat kebijakan melestarikan dan merawat lingkungan mangrove dan terumbu karang,” jelas Tubagus.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*