Indonesia Jadi Host International Day di Lindau Nobel Laureate Meeting di Jerman 26 Juni 2023

Pertemuan persiapan Indonesia International Day di Lindau, Jerman antara Kedutaan Besar Republik Indonesia dengan Panitia Lindau Nobel Laureate Meeting
Pertemuan persiapan Indonesia International Day di Lindau, Jerman antara Kedutaan Besar Republik Indonesia dengan Panitia Lindau Nobel Laureate Meeting 2023 (KalderaNews/Dok KBRI Berlin)
Sharing for Empowerment

BERLIN, KalderaNews.com – Indonesia akan menjadi penyelenggara Indonesia International Day pada acara Lindau Nobel Laureate Meeting di Lindau, Jerman pada Senin, 26 Juni 2023.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia di Berlin, Jerman, Ardi Marwan menyebutkan, ini kali pertama Indonesia sebagai penyelenggara International Day di acara tahunan itu.

“Terpilihnya Indonesia sebagai host International Day di acara Lindau Nobel Laureate Meeting ini tak lepas dari upaya diplomasi Kedutaaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Berlin,” ucap Ardi.

BACA JUGA:

Pada pagelaran Lindau Nobel Laureate Meeting 2023, Indonesia akan mengirimkan sebelas ilmuwan yang berasal dari Universitas Gadjah Mada dan Unviersitas Airlangga.

Ilmuwan-ilmuwan Indonesia akan bergabung dengan lebih dari 600 ilmuwan muda terpilih lainnya yang berasal dari seluruh dunia.

Selain itu, sebanyak 40 penerima penghargaan Nobel turut hadir pada acara yang pertama digagas tahun 1951 itu.

Lindau Nobel Laureate Meeting

Lindau Nobel Laureate Meeting akan diselenggarakan pada tanggal 25-30 Juni 2023 dengan mengusung tema fisiologi dan kedokteran.

Perwakilan dari Indonesia yang akan menghadiri acara tersebut adalah Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia (RI) untuk Jerman, Arif Havas Oegroseno, Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Dikti Ristek), Nizam, dan Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Faiz Syuaib.

Kegiatan ini akan akan diisi berbagai agenda seminar keilmuan.

Pada sesi pagi berbagai ilmuwan akan menyampaikan inovasi dan temuan yang diraih. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan sesi panel diskusi.

Panitia juga memberikan kesempatan kepada ilmuwan muda terpilih untuk duduk bersama pemateri pada sesi Open Exchanges.

Sesi ini diikuti secara eksklusif oleh para ilmuwan muda untuk berbagi cerita secara santai dan melayangkan pertanyaan personal kepada pemateri.

Pada sesi pagi tanggal 26 Juni 2023, Indonesia diberikan sesi pemaparan materi yang bertajuk “Indonesia in Overcoming COVID-19 Pandemic and Domestic Vaccine”.

Narasumber sesi ini adalah Dirjen Dikti Ristek, pakar Virologi & Imunologi Universitas Airlangga, Fedik Abdul Rantam, Antonia Morita Iswari Saktiawati dari Universitas Gajahmada.

Sementara akan dimoderatori oleh Dubes RI/Wakil Delegasi Tetap RI untuk UNESCO, Ismunandar, yang juga sebagai Alumni Lindau Nobel Laureate Meeting tahun 2005.

Pada sesi malam dilanjutkan dengan presentasi oleh Dirjen Dikti Ristek dan Dubes RI untuk Jerman kemudian ditutup dengan pagelaran budaya tradisional Indonesia.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu. Tertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*