Apakah Pendidikan Indonesia Harus Mengacu pada PISA?

Sharing for Empowerment

Skor PISA yang diperoleh Indonesia

Wakil Ketua Komisi X DPR Abdul Fikri Faqih berupaya menggali lebih dalam sisi lain skor PISA sekaligus relevansi terhadap pendidikan generasi bangsa.

Baginya, hal ini penting agar Indonesia memiliki perangkat kebijakan yang komprehensif serta selaras dengan karakter masyarakat dari Sabang hingga Marauke.

“Dengan keunikan karakter (bangsa) kita, apakah kita harus mengacu pada PISA? (dari OECD) enggak memaksa kok dan juga tidak mendikte negara untuk harus begini atau begitu. Beberapa hal memang perlu dibenahi. Kita tetap ambil pikiran yang positif (dari pertemuan ini) untuk rekomendasi-rekomendasi yang akan diberikan (kepada pemerintah),” ucap Fikri dikutip dari Parlementaria pada Kamis, 15 Juni 2023.

Sebelumnya, Kepala OECD untuk Jakarta Massimo Geloso Grosso memaparkan bahwa aspek keberagaman sosial ekonomi dinilai memiliki pengaruh terhadap skor PISA yang diperoleh Indonesia.

Walaupun begitu, berdasarkan sampel penelitian yang berasal dari para murid Indonesia berusia 15 tahun, ungkapnya, cenderung terlihat puas dan positif terhadap diri dan lingkungan sekitarnya




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*