Pagu Indikatif Kemdikbudristek 2024 Capai 81,79 Triliun, Bakal Digunakan Untuk Apa Saja?

Sharing for Empowerment

BACA JUGA:

Nadiem menyebut, terkait perencanaan dan anggaran tahun 2024 mengarah untuk mendukung Tema RKP, Sasaran Prioritas, Arah Kebijakan, dan Strategi, khususnya pada 1) Prioritas Nasional 3 Meningkatkan Sumber Daya Manusia Berkualitas dan Berdaya Saing, dan 2) Prioritas Nasional 4 Revolusi Mental dan Pembangunan Kebudayaan.

Untuk Rencana Kerja dan Anggaran tahun 2024, pada tahap awal, Kemendikbudristek mengusulkan pagu sebesar Rp95,33 triliun.

Berdasarkan Surat Bersama Pagu Indikatif (SBPI) Kementerian Keuangan dan Kementerian PPN/Bappenas, Pagu Indikatif Kemdikbudristek ditetapkan sebesar Rp 81,79 triliun.

Sebelumnya, berdasarkan pembahasan pendalaman bersama DPR RI, Kemendikbudristek sudah melakukan penguatan berbagai program prioritas, seperti:

  1. Bantuan perguruan tinggi swasta dan vokasi,
  2. Pengadaan APE untuk jenjang PAUD,
  3. Bantuan sanggar seni budaya,
  4. Penguatan literasi bahasa daerah,
  5. Film pendek dengan konten daerah,
  6. Penguatan SMK Pusat Keunggulan,
  7. Upskilling/reskilling pendidik dan tenaga kependidikan vokasi,
  8. Program Kecakapan Kerja dan Program Kecakapan Wirausaha.

“Sementara untuk percepatan pencapaian target prioritas nasional, masih diperlukan keberpihakan anggaran agar dapat dirumuskan penguatan program dan kegiatan yang lebih memberikan keberpihakan pada kualitas layanan pendidikan dan kebudayaan,” tandas Nadiem.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*