Bocoran Reviewer: Proposal Penelitian Ditolak untuk Didanai, Isunya Nggak Sexy

Sharing for Empowerment

“Pengusul diharapkan lebih cermat untuk menuliskan indikator yang akan dijanjikan pada saat mengusulkan proposal, tidak perlu muluk-muluk. Misal untuk usulan tata kelola, bagaimana penerapannya, kalau usulan tentang kebijakan, bagaimana kebijakan itu dapat diterapkan,” papar periset pada Kelompok Riset Teknologi Proses Biomassa dan Thermokimia serta Rekayasa Terapan dan Senyawa Kimia Adi.

Kesalahan umum yang terjadi pada proposal

Kesalahan umum yang terjadi pada proposal yang ditemui Anny, biasanya terdapat terdapat pada cara pemilihan dan penulisan judul, abstrak panjang dan tidak efisien, pendahuluan yang panjang lebar, serta pemilihan metode.

Hal-hal lain yang jadi daya tarik reviewer adalah proposal yang menarik, tampilan yang tidak menarik akan mengurangi minat reviewer, karena tampilan yang mengesankan akan mempermudah reviewer untuk melihat, menilai dan mengambil keputusan.

“Peneliti sebaiknya berorientasi pada produk target, apapun produk targetnya tapi jelas, kemudian metode penelitiannya, dan indiator kinerja, topik yang kekinian (up to date) , sesuai bidang keahlian peneliti,” jelas Anny yang menjadi salah satu Dewan Pakar PPI Cabang Tangerang Selatan ini.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*