Inilah Sosok Aulia Akbar, Pemenang Lomba Logo IKN, Ternyata Banyak Prestasinya

Pemenang sayembara logo IKN adalah Aulia Akbar dengan logo bertema pohon hayat atau pohon kehidupan
Pemenang sayembara logo IKN adalah Aulia Akbar dengan logo bertema pohon hayat atau pohon kehidupan (Foto: @spacelessmind)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengumumkan logo baru Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Pemenang sayembara logo IKN adalah Aulia Akbar dengan logo bertema pohon hayat atau pohon kehidupan.

Jokowi mengatakan terpilihnya logo bertema Pohon Hayat adalah pilihan masyarakat Indonesia. Tercatat lebih dari 500 ribu orang masyarakat telah berpartisipasi memilih logo IKN Nusantara.

Jokowi menegaskan logo ini memiliki filosofi yang sejalan dengan pembangunan IKN Nusantara, menumbuhkan rasa bangga jati diri bangsa sebagai negara yang besar dan majemuk serta menggugah kesadaran masyarakat untuk menjaga alam, lingkungan dan ekosistem Indonesia.

BACA JUGA:

5 akar dalam logo tersebut mewakili Pancasila, 7 batang mewakili pulau besar, dan 17 kembang mekar menjadi simbol kemerdekaan yang abadi. Pada kesempatan itu Jokowi juga membandingkan Indonesia dengan Amerika Serikat dan Australia.

“Jadi (di Amerika Serikat) ada New York, ada Washington DC. (Australia) Ada Sydney, ada Canberra. Ada di sini Jakarta, ada di sana Nusantara. Jadi ini negara besar, bangsa besar,” tuturnya.

Lantas skapa itu Aulia Akbar? Ia adalah desainer grafis asal Kota Bandung. yang menempuh pendidikan di Institut Teknologi Nasional (ITENAS) pada Tahun 2014.

Suami Alamanda Hidersah ini sangat terampil dalam fotografi, grafik, desain logo, pipografi, dan desain antarmuka pengguna.

Sebelum menjadi desain researcher, Aulia juga sempat menjadi head of design dan kemudian menjadi senior graphic designer di POT Branding House.

Dirinya juga merupakan co-founder dari perusahaan tempatnya bekerja sekarang itu.

Selain itu, dirinya juga sempat bekerja di beberapa perusahaan lain. Pekerjaan-pekerjaan sebelumnya pun juga berhubungan dengan desain dan komunikasi visual.

Aulia rupanya juga aktif di bidang organisasi. Sejak 2015 hingga saat ini, dirinya tergabung dalam dua organisasi berbeda.

Organisasi pertama yakni Bandung Design Friendly, di mana ia saat ini menjabat posisi Community Development.

Sedangkan di organisasi kedua, yakni Asosiasi Desain Grafis Indonesia Chapter Bandung, dirinya kini menjabat sebagai Head of Community Divison.

Aulia juga pengajar desain grafis secara luring di ITENAS dan Pixel Ninja.

BIODATA

Nama Lengkap: Aulia Akbar
Domisili: Bandung, Jawa Barat
Istri: Alamanda Hindersah

Pendidikan:

  • Instititut Teknologi Nasional (ITENAS) Bandung jurusan Desain dan Komunikasi Visual (2010-2014)
  • SMAN 25 Bandung (2008-2010)

Pekerjaan: Design Researcher di POT Branding House

Instagram: @spacelessmind

Penghargaan:

  • 1ST Winner of Culture of West Java Photo-Contest 2011
  • 3RD Winner of Bandung Chartfest Photo-Contest 2012
  • Best Symbiotic (Social Impact Project Based) Award 2012
  • 3RD Winner of FIRST MOVEMENT Photo-Contest 2012
  • 1ST Winner of Bandung Car Modification Photo-Contest 2013
  • Bronze Trophy for Poster Design categories at Layang Kancana 2014
  • Bronze Trophy for Book Cover Design categories at Layang Kancana 2014
  • 1ST Winner of Pankromatik Black and White Photography Photo Contest 2015

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*