Tanjung Kelayang Masuk 10 Bali Baru Sejak 2015, Tapi Masih Minim Wisatawan Mancanegara

Sharing for Empowerment

Hal ini ditegaskannya di lokakarya promosi pariwisata Belitung bagi Perwakilan RI di Kawasan Asia Tenggara Bagian Selatan dan Asia Timur di kota Tanjung Pandan pada Senin, 29 Mei 2023.

Diplomasi ekonomi melalui pemulihan pariwisata

Pada kesempatan yang sama, Trisari Dyah Paramita, Sekretaris Direktorat Jenderal Asia Pasifik dan Afrika, mengemukakan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi pelaksanaan diplomasi ekonomi melalui pemulihan pariwisata oleh Perwakilan RI di luar negeri untuk mendukung Belitung.

Perwakilan diharapkan dapat mempromosikan bukan saja destinasinya namun juga potensi investasi untuk pengembangan pariwisata di Belitung seperti KEK Tanjung Kelayang.

Peserta sepakat bahwa keterbatasan aksesibilitas Belitung secara langsung dari luar negeri merupakan kendala utama mendatangkan wisman.

Untuk itu, Kemenlu dan Perwakilan diharapkan dapat mengkoordinasikan pihak-pihak terkait guna meyakinkan maskapai agar membuka kembali rute penerbangan dari luar negeri ke Belitung.

Sementara itu, menurut Annyta selaku Kadispar setempat, ke depan Kabupaten Belitung akan menggencarkan pengembangan wisata minat khusus seperti wisata olahraga serta wisata geologi.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*