Berikut Daftar 38 Provinsi di Indonesia Beserta Ibu Kotanya, Papua Barat Daya Menjadi Provinsi Terbaru

Peta Indonesia. (Ist.)
Peta Indonesia. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Indonesia kini sudah memiliki 38 provinsi secara resmi. Provinsi yang terbaru diresmikan adalah Papua Barat Daya dengan Ibu Kotanya adalah Sorong. Indonesia resmi memiliki 38 provinsi setelah pemerintah meresmikan Papua Barat Daya pada 9 Desember 2022 lalu.  

Penetapan provinsi baru Papua Barat Daya sebagai upaya pemerataan pembangunan di wilayah Indonesia, khususnya Papua. Seperti yang dijelaskan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tito Karnavian saat melakukan peresmian di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Jakarta.

“Harapan kita dengan adanya Provinsi Papua Barat Daya ini, sekali lagi akan mempercepat pembangunan di Papua untuk menyejahterakan rakyat Papua, termasuk dan utama orang asli Papua, di samping tentunya warga-warga yang lain yang ada di sana,” jelas Tito.

BACA JUGA:

Selain itu, kata Tito, pembentukan provinsi baru di wilayah Papua ini juga bertujuan untuk memperpendek birokrasi.

“Harapan kita, juga akan memperpendek birokrasi. Tidak perlu lagi nanti koordinasi, komunikasi harus ke Manokwari, dari Sorong Raya cukup ke Kota Sorong sebagai ibu kota,” tambah Tito seperti dikutip dari laman Setkab (Sekretaris Kabinet).




1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*