Para Peneliti Muda yang Masih SMA/MA Ini Dibina untuk Persiapan Kompetisi Internasional YIC 2023

peneliti muda dari berbagai SMA/MA di Indonesia mengikuti Tahap I Young Inventors Challenge (YIC) secara luring di Sentul, Bogor, Jawa Barat pada 15-19 Mei 2023.
Para peneliti muda dari berbagai SMA/MA di Indonesia mengikuti Tahap I Young Inventors Challenge (YIC) secara luring di Sentul, Bogor, Jawa Barat pada 15-19 Mei 2023 (KalderaNews/Puspresnas)
Sharing for Empowerment

BOGOR, KalderaNews.com – Sebanyak 6 tim peneliti muda dari berbagai SMA/MA di Indonesia mengikuti Tahap I Young Inventors Challenge (YIC) secara luring di Sentul, Bogor, Jawa Barat pada 15-19 Mei 2023. Pembinaan ini diselenggarakan dalam rangka memfasilitasi serta mempersiapkan delegasi Indonesia di ajang talenta internasional YIC pada tahun ini.

“Semoga semua peserta yang mengikuti Pembinaan Tahap I YIC bisa lolos ke tahap berikutnya. Selalu semangat dan tetap berikan yang terbaik,” kata Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Puspresnas yang baru, Hendarman.

Peserta Pembinaan Tahap I YIC tahun ini merupakan pemenang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) tahun 2022 dari berbagai SMA/MA di Indonesia.

BACA JUGA:

Para peserta telah menunjukkan prestasi luar biasa dalam kompetisi tersebut dan berhasil meraih pengakuan atas penelitian yang mereka lakukan.

Berikut adalah tim peserta pembinaan tahap I YIC Tahun 2023 beserta judul penelitian dan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) yang relevan:

  1. Tim Brian dan Jason dari SMAK BPK Penabur Singgasana dengan judul penelitian: 0xNotes: Secure and Confidential End-to-End Encrypted Collaborative Note-taking Application.
  2. Fitra Reza dari MAN 2 Ponorogo dengan judul penelitian: Sansevieria trifasciata as Protective Biomaterials for Cell Phones’ Radiation Hazards.
  3. Safira Nasywa Asal Sekolah: MAN 2 Kota Malang dengan judul penelitian: AlGr01: Polyethylene Terephthalate Graphene Cathode Aluminum-Ion Battery Cell as Better Battery Materials.
  4. Tim Ni Wayan Sriyanti dan I Nyoman Parta Yasa dari SMAN Bali Mandara dengan judul penelitian: Portable and Rapid Test for Early Detection of Disease in Cattle.
  5. Tim Nadia Mazaya Nur Fauzia dan Fathan Kamal Idham dari SMAN 5 Yogyakarta dengan judul penelitian: Enhancing Quality and Sustainability of Renewable Energy through Automated IoT-Integrated Biogas Purification.
  6. Tim Himmatul Aliyyah dan Afifah Dewi Astuti Asal Sekolah dari MAN 3 Bantul, Yogyakarta dengan judul penelitian: Mercury Detection using Smartphone with Indicators of Averrhoa bilimbi Fruit Extract and Silver Nitrate.

Young Inventors Challenge (YIC) merupakan ajang bergengsi internasional yang diselenggarakan oleh The Association of Science, Technology, and Innovation (ASTI). YIC rencananya akan diadakan di Malaysia pada akhir tahun.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*