Profesor Wawan Sujarwo Singkap Nilai Strategis Penelitian dan Inovasi Etnobotani

Sharing for Empowerment

“Dengan pendekatan save, study, use, dan develop kehati, pengelolaan semua kekayaan sumber daya tumbuhan Indonesia diharapkan mampu membawa negara ini menjadi lebih makmur. Proses perubahan, dari sebutan middle income trap country menuju Indonesia sejahtera melalui dukungan riset, teknologi, dan inovasi, diharapkan dapat berjalan lebih cepat,” terang pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas LIPI tahun 2019 – 2020.

Menurut Wawan, pengembangan penelitian dan inovasi etnobotani memiliki nilai strategis untuk mengakselerasi peran, potensi, dan nilai tambah sumber daya tumbuhan Indonesia baik secara nasional maupun global. Peluang untuk menjembatani ilmu perekayasaan dan inovasi dalam meningkatkan nilai tambah sumber daya tumbuhan sangat dibutuhkan untuk peningkatan ekonomi yang berujung pada kemakmuran masyarakat Indonesia.

Periset di Pusat Riset Ekologi dan Etnobiologi Organisasi Riset Hayati dan Lingkungan BRIN itu menegaskan, agar dapat berperan dengan baik maka etnobotani harus melakukan transformasi dengan memperkokoh kapasitas sumber data dan informasi, sumber daya manusia, serta infrastruktur riset yang dapat menunjang pengembangan ilmu perekayasaan. 




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*