Profesor Wawan Sujarwo Singkap Nilai Strategis Penelitian dan Inovasi Etnobotani

Sharing for Empowerment

Lebih jauh, Wawan menerangkan bahwa pendekatan penelitian etnobotani tidak cukup hanya melalui pendekatan emik dan etik saja, tetapi perlu adanya pengembangan yang lebih holistik melalui analisis multi-, inter-, dan transdisipliner untuk meningkatkan kualitas sumber daya tumbuhan dan lingkungan yang lebih berdaya guna dan menguntungkan secara ekonomi, ekologi, dan sosial budaya.

Wawan meyakini, sebagai ilmu dasar, etnobotani diharapkan mampu menyajikan data untuk memperkaya database bioinformatika dan biomolekuler sehingga mampu mengubah pola pemanfaatan keanekaragaman tumbuhan dari perspektif lokal ke genomik. 

Perspektif tersebut merupakan salah satu disiplin ilmu baru yang menyintesis data etnobotani dan genomik berdasarkan penggabungan antara pengetahuan tradisional jenis tumbuhan dengan data molekuler dalam menjelajahi variabilitas genetik alami tumbuhan dan manusia. 

Di saat yang bersamaan dukungan kemajuan teknologi juga dapat menguatkan peran etnobotani, sehingga mampu survive dan adaptif di tengah gejolak perubahan zaman yang semakin cepat.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*