Inilah 13 Siswa SMA/MA yang Lolos Pembinaan Tahap 2 untuk IPho Tokyo 2023

Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Sebanyak 13 peserta didik jenjang SMA/MA terpilih mengikuti Pembinaan Tahap II ajang The 53th International Physics Olympiad (IPhO) IPhO 2023. International Physics Olympiad (IPhO) ke-53 akan diselenggarakan di Tokyo, Jepang pada 10-17 Juli 2023.

Pembinaan sebelum berlaga ini akan dilakukan pada 29 April–5 Mei 2023 secara daring dan 6-12 Mei 2023 secara luring di Bogor, Jawa Barat.

13 peserta didik jenjang SMA/MA yang beruntung tersebut adalah Savero Lukianto Chandra (SMA Fransiskus Bandar Lampung), Fansen Candra Funata (SMA Darma Yudha Pekanbaru), Kaindra Rizq Sachio (SMA Negeri 3 Samarinda), Elbert Tristan Lie (SMP Pelita Bangsa, Bandar Lampung), Ahmad Nafi Ramadhan (SMA Al Kahfi, Kabupaten Bogor), Jack Howard Wijaya (SMA Darma Yudha Pekanbaru).

BACA JUGA:

Selanjutnya ada Alphero Tanlianto (SMA Negeri 10 Samarinda), Andias Alfitra Santoso (SMA Kharisma Bangsa, Tangerang Selatan), Muhammad Arif Khalfani Ismail (SMA Fatih Bilingual School, Banda Aceh), Arkan Fadhil Kautsar (SMA Negeri 2 Kota Tangerang Selatan), Mohammad Nabiel Shafa (SMAN Unggulan M.H. Thamrin, Jakarta), Muh. Zaidan Naja (MA Negeri 2 Malang) dan Muhammad Luqman Hakim (SMA Cahaya Rancamaya, Bogor).

Diketahui, Kemendikbudristek melalui Puspresnas berpartisipasi dalam sembilan bidang ajang talenta internasional bidang riset dan inovasi tahun 2023, salah satunya International Physics Olympiad (IPhO) tersebut.

Pembinaan ini dilakukan untuk melatih dan membina peserta yang telah lolos seleksi tahap I IPhO tahun 2023 dan menyeleksi peserta yang akan menjadi delegasi Indonesia dalam Internasional International Physics Olympiad (IPhO) tahun 2023. IPhO merupakan kegiatan tahunan yang mewadahi kompetisi para pelajar SMA dalam bidang Fisika.

Sebelumnya, Pembinaan Tahap I IPhO 2023 telah sukses dilaksanakan secara daring dengan diikuti 28 peserta pada 13-26 Februari 2023. Peserta terdiri 28 siswa pemenang ajang talenta nasional Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang diselenggarakan Kemendikbudristek melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI).

Dari Pembinaan Tahap I IPhO 2023 ini terpilih 13 siswa yang mengikuti Pembinaan Tahap II IPhO 2023, selanjutnya akan dipilih beberapa siswa terbaik dari Pembinaan Tahap II untuk menjadi delegasi Indonesia.

Salah seorang peserta, Fansen Candra Funata dari SMA Darma Yudha, Pekanbaru, Riau mengungkapkan melalui pembinaan yang dilakukan oleh Puspresnas ini ia mendapatkan banyak manfaat.

“Pembinaan ini sangat membantu untuk melatih kemampuan kita. Jadi kan kami juga sudah melakukan pembinaan daring di rumah untuk soal-soal teorinya. Kalau yang luring sekarang kami mempelajari tentang eksperimen. Saya sangat looking forward untuk yang eksperimen. Selain dari segi materi dan soal, pembinaan luring itu bisa bertemu dengan teman-teman dari daerah lain,” kata Fansen.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu. Tertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*