Apa Itu Sinta dan Apa Saja 6 Tingkatan Jurnal Ilmiah Sinta

Laman resmi Sinta (Science and Technology Index)
Laman resmi Sinta (Science and Technology Index) (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Sinta adalah singkatan dari “Science and Technology Index” merupakan salah satu basis data jurnal ilmiah Indonesia yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Basis data ini berisi informasi tentang jurnal ilmiah yang diterbitkan di Indonesia atau oleh penulis Indonesia di luar negeri. Sinta memberikan peringkat untuk jurnal ilmiah berdasarkan faktor dampak atau impact factor (IF) dari jurnal tersebut. IF adalah ukuran penting untuk mengevaluasi kualitas jurnal ilmiah, yang mengukur seberapa sering artikel dalam jurnal tersebut dikutip oleh jurnal ilmiah lain.

Sinta memiliki tujuan untuk mempromosikan dan meningkatkan kualitas riset di Indonesia dengan memberikan akses yang lebih mudah kepada para peneliti, mahasiswa, dan masyarakat umum untuk mencari jurnal ilmiah yang terindeks oleh Sinta.

BACA JUGA:

Selain itu, Sinta juga membantu institusi pendidikan tinggi dan peneliti dalam mengukur kinerja riset mereka dan memonitor kemajuan riset di Indonesia. Sinta juga menjadi salah satu syarat bagi peneliti di Indonesia untuk memperoleh hibah riset dari pemerintah, seperti hibah dari Kemenristek/BRIN atau dari lembaga lainnya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*