Pertama di Indonesia, Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) Luncurkan Dosen Artificial Intelligence (AI)

Dosen AI di Universitas Teknokrat Indonesia (UTI). (Dok.UTI)
Dosen AI di Universitas Teknokrat Indonesia (UTI). (Dok.UTI)
Sharing for Empowerment

LAMPUNG, KalderaNews.com – Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) meluncurkan dosen Artificial Intelligence (AI) pertama di Indonesia.

Dosen AI yang bernama “Alpha” ini telah melalui tahapan proses pembuatan yang kompleks dan intensif.

Menurut Rektor UTI, Dr. HM Nasrullah Yusuf, MBA, proses pembuatan Dosen AI dimulai dengan mengumpulkan data dan informasi mengenai perilaku dan cara pengajaran para dosen.

BACA JUGA:

Lantas, data tersebut diproses dan dianalisis oleh tim ahli AI yang terdiri dari para peneliti dan dosen UTI serta didukung oleh teknologi AI terkini.

Setelah proses pengumpulan dan analisis data selesai, lalu membangun dan mengembangkan model AI yang dapat mereplikasi perilaku dan cara pengajaran.

Tim ahli AI UTI juga melakukan pelatihan dan pengujian terhadap model AI tersebut sehingga dapat memberikan pengajaran yang optimal bagi mahasiswa.

Tidak menggantikan manusia

Wakil Rektor UTI, Dr. H. Mahathir Muhammad, SE., MM, memberikan tanggapan positif atas peluncuran Dosen AI pertama di Indonesia tersebut.

Ia menyatakan bahwa Dosen AI ini merupakan sebuah inovasi yang luar biasa dan dapat menjadi solusi bagi banyak masalah yang dihadapi dalam dunia pendidikan, seperti keterbatasan jumlah dosen yang berkualitas dan terbatasnya waktu pengajaran yang tersedia.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*