Setelah 10 Tahun, Indonesia Akhirnya Masuk dalam Buku Teks Ilmu Politik karya Profesor AS

Jonathan Eastwood, Robin LeBlanc dan Zoila Ponce de León (columns.wlu.edu)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com — Profil negara Indonesia akhirnya disajikan dalam buku Perbandingan Politik karya para profesor Washington & Lee University, AS.

Buku tersebut terbit pertama kali pada tahun 2012. Sepuluh tahun kemudian pada edisi keempat, Indonesia dan Afrika Selatan masuk sebagai pokok bahasan baru.

Edisi paling awal “Comparative Politics: Integrating Theories, Methods, and Cases” ditulis oleh
Profesor Sosiologi Jonathan Eastwood dan Profesor Politik J. Tyler Dickovick. Keduanya mengerjakan tiga bagian awal buku tersebut.

Pada edisi keempat Profesor Politik Robin LeBlanc dan Asisten Profesor Politik Zoila Ponce de León turut bergabung menulis bagian keempat buku. Di antara tambahan yang mereka hasilkan untuk buku ini ialah masuknya profil Indonesia dan Afrika Selatan.

LeBlanc dan Ponce de León sebelumnya telah mengajarkan buku tersebut secara ekstensif dalam kelas mereka masing-masing. Sedangkan Dickovick meninggal dunia pada tahun 2019 setelah berjuang melawan sakit.

Menurut Emily Innes dalam artikelnya di The Column, sebuah laman yang jadi bagian dari situs resmi W & L University, buku ini mengambil pendekatan integratif untuk hubungan antara analisis tematik dan studi kasus negara. Buku ini merupakan pengantar metodologis yang dibutuhkan mahasiswa menjawab “pertanyaan besar” di lapangan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*