Orang Kaya Indonesia Pecahkan Rekor Beli Rumah Termahal di Singapura Rp2,3 T, Tetanggaan dengan Pendiri Facebook

Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com — Sebuah keluarga dari Indonesia berhasil menjadi pembeli tiga rumah mewah di kawasan strategis Singapura.

Total harganya S$206,7 juta atau US$155 juta. Dengan kurs rupiah Rp15.000 per dolar AS, nilai transaksi ini berarti Rp2,3 triliun lebih.

Berita yang pertama kali muncul di Business Times 18 April lalu, tidak menyebut nama keluarga Indonesia dimaksud. Namun, Mingtiadi, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang informasi real estate, mendapat konfirmasi dari yang mengetahui transaksi ini, bahwa pembeli tersebut dikenal sebagai keluarga kaya Indonesia.

Keluarga Indonesia itu membeli tiga hunian berbentuk bungalo dari Cuscaden Peak Investments. Ini adalah perusahaan yang berafiliasi dengan BUMN Singapura, Temasek Holdings.

Tiga unit hunian itu terletak di Nassim Road Singapura. Masing-masing berlantai dua  dengan nomor 42, 42A dan 42B di Distrik 10, terjual dengan harga  S$4.500 per kaki persegi.

Meskipun 14 persen lebih rendah dari harga awal yang diminta Cuscaden sebesar S$239 juta pada September lalu, transaksi ini tercatat sebagai rekor harga tertinggi baru.

Sebelumnya, harga tertinggi tercatat sebesar S$4.291 per kaki persegi,  yang dibayarkan oleh pengusaha teknologi lokal Tommy Ong ketika dia membeli rumah di dekat Cluny Hill pada Mei 2021.

Sebelum itu,  Jin Xiao Qun, istri pendiri Nanofilm Technologies International, Shi Xu  telah membayar setara dengan S$4.005 per kaki persegi untuk sebuah bungalow di Nassim Road pada Maret 2021.

Menurut informasi yang diperoleh Mingtiandi, keluarga Indonesia sebagai pemilik baru ingin membangun kembali bungalo untuk digunakan sendiri.

Diketahui pula keluarga tersebut terdiri dari tiga  keluarga dan masing-masing memperoleh  petak-petak yang bersebelahan yang  mencakup setidaknya 15.131 kaki persegi (1.406 meter persegi) per petak, dengan perkiraan nilai mencapai sekitar S$69 juta.

Ketiga rumah tersebut saat ini ditempati oleh penyewa tak disebutkan identitasnya. Masing-masing hunian memiliki lima kamar tidur dan kolam renang dan terletak di jalan yang membentang dari Botanic Gardens Singapura ke distrik perbelanjaan mewah Orchard Road.

Ujung jalan Orchard Road berjarak kurang dari 100 meter dari Pusat Perbelanjaan Tanglin, yang dijual kepada keluarga taipan kayu Indonesia Sukanto Tanoto seharga S$868 juta pada Februari tahun lalu.

Pemilik baru rumah ini nantinya akan bertetangga dengan salah seorang pendiri Facebook. Tahun 2019, co-founder Facebook Eduardo Saverin diberitakan telah membeli sebuah mansion seluas 84.500 kaki persegi di Nassim Road seharga S$230 juta.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu. Tertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com





Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*