Kumpulan Lengkap Kutipan Atau Quote Inspiratif Kartini untuk Perempuan Masa Kini

Ilustrasi: Penetapan 21 April sebagai Hari Kartini. (Ist.)
21 April ditetapkan sebagai Hari Kartini (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kartini adalah sosok yang inspiratif karena perjuangannya dalam memperjuangkan hak-hak perempuan, khususnya dalam hal pendidikan. Ia memimpin gerakan untuk memberikan kesempatan belajar kepada perempuan Indonesia dan memperjuangkan hak-hak perempuan untuk mendapatkan pendidikan yang setara dengan laki-laki. Kartini juga menulis surat-surat yang terkenal, yang memperlihatkan kesadaran dan keberanian perempuan pada masa itu dalam mengekspresikan pikiran dan aspirasinya.

Pemikiran dan perjuangan Kartini mempengaruhi gerakan perempuan di Indonesia dan juga di luar negeri. Ia menjadi simbol perjuangan emansipasi perempuan dan perjuangan untuk mencapai kesetaraan gender. Karya dan gagasan Kartini menginspirasi banyak perempuan di Indonesia untuk mengambil pendidikan dan mengambil peran aktif dalam masyarakat.

Kartini juga menginspirasi perjuangan untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Ia memperjuangkan hak pendidikan bagi semua orang, tanpa terkecuali, dan memperjuangkan pendidikan sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas hidup dan mewujudkan kemandirian.

BACA JUGA:

Dalam banyak hal, Kartini adalah teladan bagi kita semua dalam memperjuangkan hak-hak dan kesetaraan, serta dalam mengejar cita-cita dan memajukan bangsa. Ia mengajarkan bahwa dengan semangat perjuangan, kerja keras, dan keberanian, kita dapat meraih impian dan mengubah dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Nah, untuk menggali inspirasi semangat kartini, berikut ini kutipan atau quote inspiratif Kartini yang bisa direnungkan:

  • Janganlah kami coba dengan paksa mengubah adat kebiasaan negeri kami ini; bangsa kami yang masih seperti anak-anak itu, akan mendapat yang dikehendakinya, yang mengkilap bercemerlangan. Kemerdekaan perempuan tak boleh tidak akan datang juga; pasti akan datang jua, hanyalah tiada dapat dipercepat datangnya (Surat kepada Nyonya van Kol, 1 Agustus 1903)
  • Habis gelap terbitlah terang
  • Ikhtiar! Berjuanglah membebaskan diri. Jika engkau sudah bebas karena ikhtiarmu itu, barulah dapat engkau tolong orang lain.
  • Jangan mengeluhkan hal-hal buruk yang datang dalam hidupmu. Tuhan tak pernah memberikannya, kamulah yang membiarkannya datang
  • Untuk sementara didiklah, berilah pelajaran kepada anak-anak perempuan kaum bangsawan: dari sinilah peradaban bangsa harus dimulai. Jadikanlah mereka ibu-ibu yang cakap, cerdas dan baik. Maka mereka akan menyebarluaskan peradaban di antaranya bangsanya.
  • Bila golongan atas sudah berpendidikan, maka pendidikan seluruh bangsa hanya soal waktu saja.
  • Teruslah bermimpi, teruslah bermimpi, bermimpilah selama engkau dapat bermimpi! Bila tiada bermimpi, apakah jadinya hidup! Kehidupan yang sebenarnya kejam.
  • Alangkah besar bedanya bagi masyarakat Indonesia bila kaum perempuan didik baik-baik. Dan untuk keperluan perempuan itu sendiri, berharaplah kami dengan harapan yang sangat supaya disediakan pelajaran dan pendidikan. Karena inilah yang akan membawa bahagia baginya.
  • Gadis yang pikirannya sudah dicerdaskan, pemandangannya sudah diperluas, tidak akan sanggup lagi hidup di dalam dunia nenek moyangnya.
  • Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri.
  • Jangan biarkan kegelapan kembali datang, jangan biarkan kaum wanita kembali diperlakukan semena-mena
  • Alangkah besar bedanya bagi masyarakat Indonesia bila kaum perempuan didik baik-baik. Dan untuk keperluan perempuan itu sendiri, berharaplah kami dengan harapan yang sangat supaya disediakan pelajaran dan pendidikan. Karena inilah yang akan membawa bahagia baginya.
  • Tak peduli seberapa keras kamu mencoba, kamu tak akan pernah bisa menyangkal apa yang kamu rasa. Jika kamu memang berharga di mata seseorang, tak ada alasan baginya untuk mencari seorang yang lebih baik darimu.
  • Dengan menolong diri sendiri, akan dapat menolong orang lain dengan lebih sempurna.
  • Alangkah besar bedanya bagi masyarakat Indonesia bila kaum perempuan dididik baik-baik. Dan untuk keperluan perempuan itu sendiri, berharaplah kami dengan harapan yang sangat supaya disediakan pelajaran dan pendidikan, karena inilah yang akan membawa bahagia baginya.
  • Tetapi apalah artinya pandai dalam ilmu yang hendak diajarkan itu, apabila ia tidak dapat menerangkan secara jelas kepada murid-murid
  • Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang.
  • Tiada awan di langit yang tetap selamanya. Tiada mungkin akan terus-menerus terang cuaca. Sehabis malam gelap gulita lahir pagi membawa keindahan. Kehidupan manusia serupa alam
  • Lebih banyak kita maklum, lebih kurang rasa dendam dalam hati kita, semakin adil pertimbangan kita dan semakin kokoh dasar rasa kasih sayang. Tiada mendendam, itulah bahagia.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu. Tertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*