Murid Kelas 5 SD Temukan Kesalahan pada Buku Teks Sains, Penerbit akhirnya Mengakuinya dan Berterimakasih

Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com — Jika Anda guru dan  murid Anda datang menunjukkan kesalahan pada buku teks yang Anda gunakan untuk mengajar, apa yang akan Anda lakukan?

Serena Porter, guru di Sekolah Dasar HM Pearson Elementary di Virgina, AS, mulanya ragu saat salah seorang muridnya memberitahu dia ada kesalahan pada buku sains  “Exploring Science All Around Us,” yang biasa mereka gunakan.

Liam Squires, siswa kelas lima,  menemukan kesalahan itu pada buku terbitan Five Ponds Press, penerbit yang berbasis di Virginia tahun 2016.

Liam menemukan pada buku teks tersebut  terdapat sebuah gambar yang menunjukkan siklus proses geologi, salah menyematkan keterangan pada gambar batuan beku dan sedimen. (Lihat gambar). Hal itu berbeda dengan yang diajarkan oleh gurunya selama ini.

BACA JUGA:

Ibu Guru Porter awalnya tidak percaya bahwa kesalahan seperti itu dapat lolos ke dalam buku teks resmi. Buku itu sudah mendapat persetujuan dari Distrik untuk dipakai sejak 2015.

“Naluri pertama saya adalah, ‘Oke,  saya pasti telah melakukan kesalahan,” kata Porter, sebagaimana ditulis oleh Fauquier Times, media lokal yang pertama memberitakan hal ini akhir Maret lalu dan telah dikutip berbagai media. Dia merasa selama ini telah mengajarkan hal keliru, karena buku teks tidak mungkin salah.

“[Saya pikir] mungkin saya salah mengajar, karena pasti, itu tidak bisa salah di buku teks,” tambah Porter.

Tetapi kemudian Porter mengamati kembali apa yang ditunjukkan muridnya. Dia menyimpulkan bahwa buku teks itu memang salah.

Porter segera memberi tahu hal itu kepada Linda Correll, pengawas pengajaran sekolah untuk sains, kesehatan, dan pendidikan jasmani, yang kemudian mengonfirmasi bahwa penilaian awal Liam benar.

Correll kemudian menghubungi Five Ponds Press – yang saat ini memiliki 16 buku teks lain yang beredar – untuk memberi tahu mereka tentang kesalahan tersebut.

Pejabat Five Ponds akhirnya mengirimi Liam sepucuk surat terima kasih kepada Liam karena “memperhatikan (pelajaran) dengan cermat di kelas” dan mengungkapkan rasa terima kasih mereka karena Liam telah menemukan  kesalahan di buku teks.

Pejabat Distrik yang bertanggung jawab atas persetujuan penerbitan buku itu juga mengucapkan terimakasih kepada Liam.

“Seorang siswa di Sekolah Dasar Pearson yang bernama Liam dan gurunya Miss Porter menemukan kesalahan di salah satu buku pelajaran sains dan menunjukkannya kepada guru,” kata Inspektur Sekolah Umum Distrik, David Jeck dalam sebuah video yang diposting di akun YouTube awal bulan ini.

“Dan sebagai hasilnya, penerbit mengirimkan surat ucapan terima kasih kepada Liam,” kata Jeck.

“Itu sangat menakjubkan dan sangat keren. Jadi, angkat topi, Liam – kerja bagus.”

Porter, sementara itu, mengatakan itu bukan pertama kalinya Liam menunjukkan adanya kesalahan, bahkan terkadang mengoreksi dirinya di kelas.

Gambar pada buku teks sains yang keliru memberi keterangan pada igneus rock dan sedimenrary rock.

“Liam luar biasa. Dia dengan mudah menjadi salah satu siswa terpintar yang saya miliki,” kata Porter. “Dia sangat cerdas. Dia melihat sesuatu yang salah atau sesuatu yang tidak benar… dan dia tidak memiliki masalah untuk menunjukkannya.”

Ada pun Liam mengatakan dia terkejut dengan surat penerbit dan tidak menyangka akan menerima ucapan terima kasih yang begitu hangat.

“Aku tidak menyangka akan menjadi seperti ini,” kata dia. Dia sebetulnya berharap masalah ini tidak perlu ramai, cukup dengan penerbit datang kepadanya dan menepuk pundaknya.

The Guardian, media Inggris yang turut memberitakan hal ini, menulis bahwa
setidaknya satu studi oleh David and Lucile Packard Foundation California sebelumnya menemukan bahwa buku pelajaran sains paling populer yang digunakan untuk mengajarkan sains kepada siswa sekolah menengah AS penuh dengan kesalahan, foto serta ilustrasi yang tidak relevan, dan eksperimen yang tidak mungkin dilakukan.

Namun, tampaknya kurang umum bagi siswa untuk menemukan kesalahan dalam buku teks dengan cara yang mungkin mendorong penerbit untuk memperbaiki kesalahan tersebut.
Penerbit buku ini berjanji melakukan koreksi pada edisi berikutnya.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu. Tertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*