Jadi Dosen Tamu di University of Richmond, Pesinden Ini Menarik Perhatian

Sharing for Empowerment

Di sela-sela itu, menjadi direktur artistik tamu untuk Gamelan Raga Kusuma, ensambel musik tradisional Jawa berbasis komunitas di Richmond.

Rini  juga tampil dengan band string asal Richmond, Rumput, yang berspesialisasi dalam musik keroncong flute dan string band Asia Tenggara.

Rini menampilkan bentuk-bentuk lagu tradisional tetapi juga bermain-main dengannya, menggabungkan kepekaan klasik dan motif Barat. “Saya menggunakan tradisi dengan cara kontemporer,” katanya.

Kuartet Kronos yang terkenal baru-baru ini membawakan karya Rini “Maduswara” di Carnegie Hall di New York City, dengan Rini ikut di dalamnya.

Komposisi terkenal itu juga akan dibawakan pada 17 April selama konser musik kamar di UR’s Camp Concert Hall. Ini adalah salah satu dari beberapa pertunjukan Rini  bulan ini di sejumlah tempat di Richmond, sering diiringi oleh Gamelan Raga Kusuma dan/atau Rumput. 

Ia berlatih dua kali seminggu bersama Raga Kusuma di aula UR yang  terbuka untuk umum. “Merupakan kesempatan langka untuk datang dan menyaksikan dia mengajar dan memimpin dalam pertunjukan,” kata McGraw.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*