Siap Jadi Pemenang, OSN-K Jenjang SMA/MA Berlangsung Ketat Diikuti 270.004 Peserta Didik

Olimpaide Sains Nasional (OSN)
Olimpaide Sains Nasional (OSN) (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Sebanyak 270.004 peserta didik dari seluruh provinsi di Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN) mengikuti Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kabupaten/Kota (OSN-K) jenjang SMA/MA secara daring bertema “Berprestasi Membangun Kolaborasi” pada 5-6 April 2023.

Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Kemendikbudristek, Asep Sukmayadi menyampaikan bahwa penyelenggaraan OSN-K tahun ini berjalan dengan lancar.

“Alhamdulillah, secara umum penyelenggaraan OSN-K tahun ini dapat kita selenggarakan dengan lancar. Antusiasme peserta didik tahun ini dapat terus kita jaga hingga seleksi tingkat provinsi dan nasional,” ujar Asep Sukmayadi saat meninjau pelaksanaan OSN-K di SMAN 2 Kota Tangerang Selatan pada Rabu, 5 April 2023.

BACA JUGA:

Dengan peserta OSN-K tahun ini yang mencapai 270.004 peserta, rincian sembilan bidang yang dilombakan yaitu Astronomi diikuti 22.771 peserta, Biologi diikuti 35.189 peserta, Ekonomi diikuti 32.170 peserta, Fisika diikuti 30.609 peserta, Geografi diikuti 31.848 peserta, Informatika diikuti 25.335, Kebumian diikuti 24.721 peserta, Kimia diikuti 32.820 peserta, dan Matematika diikuti 34.541 peserta.

Diketahui, OSN adalah ajang talenta bidang sains bagi peserta didik yang tidak hanya untuk sekolah di wilayah Indonesia, tetapi juga untuk Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN).

Di OSN para peserta didik berkompetisi melalui serangkaian tahapan berjenjang mulai dari Olimpiade Sains Nasional tingkat Sekolah (OSN-S), Olimpiade Sains Nasional tingkat Kabupaten/Kota (OSN-K) Olimpiade Sains Nasional tingkat Provinsi (OSN-P) hingga tingkat nasional yaitu OSN. OSN-K merupakan tahapan seleksi untuk menuju OSN-P.

Dalam pelaksanaan OSN-K, siswa mengerjakan soal-soal secara daring melalui aplikasi OSN-K 2023 di sekolah masing-masing menggunakan sistem pengawasan ujian online proctoring. Pengawasan dilakukan secara langsung oleh pengawas.

Pada Rabu ini bidang yang dilombakan adalah Ekonomi, Biologi, Fisika, dan Geografi. Selanjutnya pada hari kedua, Kamis diujikan bidang Kimia, Astronomi, Kebumian, Matematika, dan Informatika.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*