Dosen UIN Sunan Kalijaga Beri Tausiyah Buka Bersama di Kampus Jesuit di Yogyakarta

Suasana Buka Puasa Bersama di Kampus III, USD, Paingan, Maguwoharjo, Depok, Sleman
Suasana Buka Puasa Bersama di Kampus III, USD, Paingan, Maguwoharjo, Depok, Sleman (KalderaNews/Humas USD)
Sharing for Empowerment

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Dosen Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga, Prof. Syafa’atun Almirzanah, Ph.D., D.Min menyampaikan tausiyah bertema persaudaraan antar umat beriman di acara Buka Puasa Bersama yang diselenggarakan Universitas Sanata Dharma (USD) di Hall Gedung Utama, Kampus III pada Kamis, 30 Maret 2023.

“Kita, umat Muslim dan Kristiani, adalah saudara. Perbedaan yang kita miliki harus dijadikan sebagai acuan untuk hidup rukun dan penuh toleransi. Mari kita kembangkan itu untuk menciptakan kehidupan yang lebih merdeka,” pesan Prof. Syafaatun.

Bagi civitas academica USD sendiri, kegiatan buka puasa bersama ini menjadi momentum yang menguatkan semangat persaudaraan. Sherlina, mahasiswi Psikologi USD yang tergabung dalam Forum Keluarga Mahasiswa Muslim Bina Ukhuwah Dakwah Islamiyah Universitas Sanata Dharma (FKM Budi Utama), menyampaikan kesannya yang mendalam.

BACA JUGA:

“Tentu saya merasa senang di kampus Yayasan Katolik ini diadakan buka bersama. Saya merasa punya teman dan tidak sendirian selama menjalani puasa,” ungkapnya.

Komunitas-komunitas mahasiswa berbasis keagamaan non-Katolik memang tumbuh dinamis di universitas Jesuit ini. Selain FKM Budi Utama yang berbasiskan mahasiswa muslim, terdapat pula 12 komunitas mahasiswa berbasis agama yang didampingi dan difasilitasi oleh Campus Ministry.

Mereka antara lain Komunitas Mahasiswa Hindu Dharma Swastika Taruna, Komunitas Mahasiswa Buddhis – Kong Hu Cu Dharma Virya dan Persekutuan Mahasiswa Kristen Efata, Eben Haezer, Apostolos serta Oikumene.

Dalam sambutannya, Rektor USD, Albertus Bagus Laksana, S,J., S.S., Ph.D., menyampaikan bahwa ibadah puasa tahun ini dirayakan bersama antara umat Islam dan Katolik yang sedang menjalani masa Prapaskah. Momentum ini, menurutnya, menjadi kesempatan untuk bersama bertumbuh secara iman dan persaudaraan.

“Di masa yang penuh kesucian ini, kita berkumpul bersama dalam momen yang suci. Bulan Ramadhan untuk umat muslim dan masa Prapaskah untuk umat kristiani. Manusia diundang untuk memurnikan diri dan jiwanya dalam perjalanannya menuju sang khalik, kita dipertemukan di momen yang suci ini.”

Acara dihadiri dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa muslim di USD, serta perwakilan beberapa perguruan tinggi sahabat dan warga sekitar Dukuh Krodan, Paingan, Maguwoharjo, Depok, Sleman. Kegiatan yang kembali terlaksana setelah dua tahun absen karena pandemi ini terasa hangat dan penuh rasa persaudaraan.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*