Suzuki Targetkan 4.000 Pelajar Ikut Student Plant Visit

Siswa-siswi saat di Pabrik Suzuki Cikarang
Siswa-siswi saat di Pabrik Suzuki Cikarang (Suzuki.co.id)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Ketika mendengar kata Suzuki, yang akan muncul dalam pikiran kita kemungkinan besar adalah motor dan mobil. Sebagai perusahaan otomotif, sudah menjadi tugas pokok PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) untuk melakukan kegiatan produksi serta memasarkan berbagai produk mereka yaitu mobil, motor hingga mesin tempel kapal dengan merk Suzuki di Indonesia.

Tak hanya sekadar menjalankan kegiatan produksi dan pemasaran, Suzuki juga ikut memberikan bentuk tanggung jawab sosial yang dijalankan dalam kegiatan Student Plant Visit. Pada tahun 2023 ini Suzuki mengadakan acara Suzuki Peduli Pendidikan yang dikemas dalam Student Plant Visit yang berlokakasi di pabrik Suzuki Cikarang Plant, Jawa Barat (28/02/2023)

Pada seremoni pembukaan acara Student Plant Visit Suzuki, Hiroaki Matsuura, Vice President PT Suzuki Indomobil Motor (PT SIM) mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan sebuah bentuk tanggung jawab sosial dari Suzuki kepada generasi muda di Indonesia yaitu meberikan edukasi kepada pelajar tentang industri otomotif.

BACA JUGA:

“Suzuki Indonesia telah beroperasi selama 53 tahun di Indonesia dan mempunyai misi dalam membangun merek yang dipercaya melalui produk dan layanan yang berkualitas tinggi yang berorientasi pada kebutuhan konsumen,” kata dia.

“Dalam upaya mewujudkan misi tersebut, Suzuki terus berinovasi, berkembang, dan berupaya memberikan yang terbaik kepada konsumen. Salah satu wujud nyatanya adalah pelaksanaan kegiatan Suzuki Peduli Pendidikan sebagai salah satu pilar tanggung jawab sosial kami yang menyasar generasi muda dalam upaya edukasi terkait industri otomotif serta apa saja aturan kerja dan bagaimana mekanisme pabrik yang diterapkan secara efektif,” lanjutnya.

Dilansir dari website resmi Suzuki Indonesia, suzuki.co.id, Suzuki Peduli Pendidikan merupakan salah satu bentuk program dari Corporate Social Responsibilty (CSR) Suzuki Indonesia. Dalam pelaksanaannya, salah satu kegiatan dari program ini adalah Student Plant Visit.

Kegiatan Student Plant Visit nantinya akan dilakukan secara rutin dan rencananya akan diadakan sebanyak 70 kali kunjungan. Suzuki Plant Visit menargetkan lebih dari 4.000 siswa dari sekolah dan perguruan tinggi untuk dapat mengenal lebih jauh mengenai industri otomotif serta mempelajari lebih lanjut bagaimana Suzuki melakukan inovasi serta mekanisme kecanggihan produk mereka. Kegiatan Student Plant Visit akan dibuat sebagai agenda rutin Suzuki Indonesia, dimana pada tahun 2023 ini rencananya akan dilaksanakan sebanyak 70 kali kunjungan.

Sebanyak 57 siswa dan siswi SMPN Cikarang Pusat menjadi peserta pada acara pembuka Student Plant Visit yang diadakan tanggal 28 Februari 2023 beberapa waktu lalu. Hal ini dikatakan pihak Suzuki sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat Kabupaten Bekasi yang telah mendukung keberadaan Pabrik Suzuki di Cikarang.

Terdapat juga 177 siswa siswi dari SMKN 1 Talaga dan SMKN 7 Kab Tangerang yang turut hadir pada acara Student Visit sebelumnya pada 21 dan 23 Februari 2023.

Kegiatan inti dari Suzuki Plant Visit ini adalah Suzuki memperkenalkan kepada siswa dan siswi mengenai proses produksi dan mengunjungi area Welding dan Assembling, dimana pabrik Suzuki telah menerapkan teknologi canggih yang menggunakan sistem robotik dengan tingkat kepresisian tinggi. Peserta juga diajak melihat proses final inspection di akhir jalur produksi yang merupakan proses penting untuk memastikan kualitas mobil yang diproduksi Suzuki.

Student Plant Visit telah menjadi kegiatan rutin yang diadakan Suzuki sejak 6 tahun lalu. Masyarakat merespons positif kegiatan ini. Tercatat telah lebih dari 50.000 siswa dan mahasiswa dari berbagai sekolah dan perguruan tinggi yang mengikuti Student Plant Visit sejak diadakan untuk pertama kalinya pada tahun 2017.

“Selain merupakan upaya kami dalam mengedukasi mengenai industri otomotif lebih jauh, serta mempelajari inovasi, mekanisme, dan kecanggihan pabrik pembuatan mobil Suzuki, kegiatan Student Plant Visit ini juga kami harapkan dapat menjadi wawasan dasar untuk para partisipan agar mampu bersaing dan mengembangkan potensi diri khususnya di industri otomotif dan pengembangan teknologi,” tutup Yudonendito, Active Director Manufacturing PT Suzuki Indomobil Motor (PT SIM) dalam sambutannya pada kegiatan Student Plant Visit di Tangerang Februari lalu.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu. Tertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*