Paduan Suara SD Tarakanita 5 Jakarta Semarakkan Peluncuran Merdeka Belajar Episode ke-24

Paduan Suara SD Tarakanita 5 Jakarta di acara Peluncuran Merdeka Belajar Episode ke-24 pada 28 Maret 2023
Paduan Suara SD Tarakanita 5 Jakarta di acara Peluncuran Merdeka Belajar Episode ke-24 pada 28 Maret 2023 (KalderaNews/Helena Juwarsih)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Pada 28 Maret 2023 lalu SD Tarakanita 5 mendapatkan undangan dari Anang Ristanto, Plt Kepala Biro Kerjasama dan Hubungan Masyarakat Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Tim paduan suara yang berjumlah 20 peserta didik mendapat kesempatan sebagai pengisi acara pada Peluncuran Merdeka Belajar Episode ke 24 dengan tema “Transisi PAUD ke SD Yang Menyenangkan” di Gedung Kementrian Jl. Gatot Subroto Jakarta.

Bukan tanpa alasa tim Padus SD Tarakanita 5 ini diundang. Padus SD Tarakanita 5 memang berprestasi yaitu menjadi Juara 1 Tingkat Provins Lomba Paduan Suara Suku Dinas Kebudayaan DKI Jakarta.

Tentunya menjadi kebanggan dan kehormatan bagi SD Tarakanita 5 karena diberi kesempatan untuk mengisi sebuah acara yang dihadiri oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim, Dirjen PAUD, DIKDAS, dan DIKMEN Iwan Syahril serta dihadiri oleh para pejabat, guru, dan kepala sekolah.

BACA JUGA:

Pada acara ini juga berlangsung Dialog Bersama Mendikbudristek dengan beberapa perwakila. untuk Gelar Wicara I ada Neli Purwani, Guru TK Darul Alim, M. Yasin Damang, Guru SD Impres Purwodadi, Sitti N Sitania perwakilan dari Dinas Pendidikan Kab. Buru, Prov. Maluku, I Wayan Wirawan perwakilan Disdikpora Kab. Badung, Prov. Bali.

Gelar Wicara II dihadiri oleh Franka Makarim sebagai Ketua Bidang 1 OASE KIM, Eni Yaqut Penasehat DWP Kemenag, Itje Chodidjah sebagai Moderator, Yahya Ado sebagai Kepala Sekolah Alam Manusak di NTT, Lucia Royanto selaku Dosen Psikologi Universitas Indonesia.

Adanya miskonsepsi praktik pembelajaran bagi anak usia dini masih terjadi di lapangan, seperti Sekolah Dasar (SD) yang masih memberlakukan tes masuk, pembelajaran yang belum mencerminkan pembangunan kemampuan dasar, serta masih banyak anak yang langsung masuk kelas 1 SD, tanpa mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), sehingga tidak mendapat fase fondasi yang menjadi haknya.

Pemerintah ingin memastikan tidak ada patahan pembelajaran dari jenjang PAUD ke SD, sehingga peserta didik dapat menguasai kemampuan dasar yang selaras dengan profil pelajar Pancasila. Untuk itu, perlu ada perubahan perilaku berbagai pihak yang terlibat dalam menguatkan transisi anak dari PAUD ke SD.

Sebagai langkah tindak lanjut, Kemendikbudristek meluncurkan sebuah gerakan bersama yang juga didukung Kemendagri dan Kemenag, untuk memastikan setiap anak mendapat haknya dalam memperoleh pembelajaran yang tepat.

Paduan suara SD Tarakanita 5 Jakarta Timur menyanyikan lagu permainan tradisional secara medley mengiringi anak-anak PAUD Rainbow Kids bermain di atas panggung. Lagu-lagu yang dinyanyikan oleh tim paduan suara SD Tarakanita 5, yakni Cublak-Cublak Suweng dari Jawa Tengah, Ampar-Ampar Pisang dari Kalimantan, Pok Ame-Ame dan Sang Bangau dari Betawi, Tandung Majeng dari Madura, Anak Kambing dari NTT dan Sang Bangau dari Betawi.

Paduan Suara SD Tarakanita 5 Jakarta di acara Peluncuran Merdeka Belajar Episode ke-24 pada 28 Maret 2023
Paduan Suara SD Tarakanita 5 Jakarta di acara Peluncuran Merdeka Belajar Episode ke-24 pada 28 Maret 2023 (KalderaNews/Helena Juwarsih)

Setelah penampilan selesai ada enam anak SD Tarakanita 5 diberi kesempatan untuk menjemput Mendikbudristek, Dirjen PAUD Dikdas dan Dikmen, Ketua Bidang 1 OASE KIM, MENDAGRI, dan MENTERI PPN/KEPALA BAPPENAS untuk ke atas panggung dan meresmikan Merdeka Belajar Episode Ke-24. Peresmian ditandai dengan membunyikan angklung di atas panggung.

Tim paduan suara SD Tarakanita 5 yang berkesempatan unjuk kemampuan dalam acara peluncuran Merdeka Belajar ke-24 adalah Sera, Abel, Andra, Cathline, Kenes, Kartika, Jordan, Gabe, Joy, Jorell, Chelsea, Vallerie, Adel, Evelynka, Nadine, Jeremy, Tricy, Keynan, Kirana, Glory. Di bawah bimbingan pelatih yang handal yaitu Ibu Ety dan pendamping Ibu Lely, telah membawa tim paduan suara diundang secara khusus untuk mengisi berbagai kegiatan kedinasan tahun ini antara lain, Natal Bersama Suku Dinas Pendidikan Jakarta Timur dan Natal Bersama Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

Penampilan tim SD Tarakanita 5 sangat mengesankan dan memukau, gemuruh sorak sorai audiens mewarnai berakhirnya lagu Sang Bangau yang dinyanyikan dengan gerakan yang sangat lucu membuat para undangan dan Pak mentri tertawa bahagia. Penampilan anak-anak kali ini benar benar penuh totalitas, kepercayaan diri, tanggung jawab dan keceriaan mewarnai seluruh penampilan mereka. (Helena Juwarsih)

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*