Malas Belajar saat Puasa? Berikut 5 Tip agar Tetap Semangat

Ilustrasi: belajar saat puasa
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Bulan Ramadhan telah datang. Kamu merasa malas belajar saat puasa? Nah, inialah tip agar kamu tetap semangat belajar di bulan puasa ini.

Bulan suci Ramadhan adalah waktu yang tepat, tidak hanya untuk mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya, tetapi juga membiasakan diri untuk lebih disiplin dalam hidup.

Bulan puasa juga jangan sampai para pelajar bermalas-malasan atau merasa lesu, namun harus tetap bisa tetap belajar, apalagi ini juga menjadi bagian dari ibadah.

BACA JUGA:

Agar kamu tidak malas belajar saat puasa, simak beberapa tips belajar saat bulan puasa, biar tetap semangat:

Sahur dengan makanan bergizi

Waktu sahur merupakan waktu bagi kita untuk mengonsumsi makanan agar tubuh tetap memiliki asupan yang cukup ketika berpuasa.

Maka, pastikan menu makanan sahur terdiri dari makanan yang bergizi dan bernutrisi supaya tubuh tidak lemas.

Makanan yang berkarbohidrat kompleks seperti nasi merah dan umbi-umbian menjadi pilihan yang baik.

Kalian juga memerlukan asupan protein dari ayam, tempe, dan tahu, dilengkapi dengan vitamin dan serat dari sayur dan buah-buahan.

Jangan lupa juga untuk minum air yang cukup supaya tubuh tidak dehidrasi ketika berpuasa.

Belajar setelah sahur dan jelang berbuka

Setelah sahur, biasanya apa yang kalian lakukan? Kalau jawaban kalian adalah tidur, sebaiknya dihindari di bulan puasa ini.

Karena tubuh baru terisi oleh makanan, setelah sahur adalah waktu yang optimal untuk belajar. Otak menjadi lebih awas dan mudah menyerap pelajaran.

Menjelang berbuka juga menjadi waktu yang baik untuk belajar. Tapi, perhatikan materi yang kalian pelajari di sore hari karena tubuh sudah mulai kekurangan asupan air dan makanan.

Jadi, manfaatkan waktu jelang berbuka dengan membaca ulang atau review materi yang telah dipelajari sebelumnya.

Batasi aktivitas di siang hari

Karena energi kalian terbatas ketika berpuasa, batasi kegiatan fisik di siang hari. Terkadang, kita terlalu asyik bermain sampai lupa kalau ternyata kita berpuasa dan tidak bisa makan atau minum setelahnya.

Padahal, azan magrib masih beberapa jam lagi. Jadinya tubuh kita malah lemas sepanjang hari. Karena itu, kurangi aktivitas yang memakan banyak energi ketika sedang berpuasa.

Tidur siang

Tidur siang merupakan salah satu cara untuk menyimpan energi serta mengistirahatkan tubuh ketika berpuasa.

Dengan tidur siang sejenak, kita dapat merasa lebih segar setelah bangun dan siap untuk belajar.

Tapi jangan sampai hari-hari berpuasa hanya diisi dengan tidur, karena kalian bisa belajar dan beribadah di bulan Ramadan.

Berolahraga ringan

Mungkin tidak disarankan untuk terlalu banyak beraktivitas yang menguras energi ketika berpuasa, tapi tubuh kita tetap perlu olahraga untuk melemaskan otot-otot.

Cukup dengan melakukan peregangan atau stretching, senam kecil, dan berjalan kaki di pagi hari, kita bisa menjaga agar tubuh tetap sehat.

So, itulah beberapa tip agar kamu tetap semangat belajar selama bulan Ramadan ini.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu. Tertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*