Inilah 3 Rangkaian Upacara Sebelum Hari Raya Nyepi yang Dilakukan Umat Hindu di Bali

Ilustrasi: Sistem penamaan di Bali. (KalderaNews.com/Ist.)
Anak-anak di Bali (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

DENPASAR, KalderaNews.com – Hari Raya Nyepi sudah di depan mata. Tahun Baru Saka 1945 atau Hari Raya Nyepi 2023 jatuh pada Rabu, 22 Maret 2023. Pemerintah juga telah menetapkan cuti bersama Hari Raya Nyepi 2023 pada Kamis, 23 Maret 2023. Penetapan ini tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023.

Nyepi adalah hari suci bagi umat Hindu. Hari Raya Nyepi ini merupakan peringatan Tahun Baru Saka berdasarkan penanggalan Saka atau penanggalan Hindu.

BACA JUGA:

Menurut situs Desa Kekeran, Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali, sebelum Hari Raya Nyepi, terdapat beberapa rangkaian upacara yang dilakukan umat Hindu di daerah Bali, yakni melasti, tawur (pecaruan) dan pengrupukan.

1). Melasti

3 atau 2 hari sebelum Nyepi, umat Hindu melakukan penyucian dengan melakukan upacara Melasti atau disebut juga Melis/Mekiyis. Segala sarana persembahyangan yang ada di Pura (tempat suci) diarak ke pantai atau danau, karena laut atau danau adalah sumber air suci (tirta amerta) dan bisa menyucikan segala leteh(kotor) di dalam diri manusia dan alam.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*