Kumpulan Terlengkap Contoh Permintaan Maaf Jelang Puasa Ramadan, Pilih yang Sesuai Suara Hatimu

Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) di Semarang ini dirancang dalam gaya arsitektural campuran Jawa, Islam dan Romawi. Bangunan utama masjid beratap limas khas bangunan Jawa, namun di bagian ujungnya dilengkapi dengan kubah besar berdiameter 20 meter, ditambah lagi dengan 4 menara masing masing setinggi 62 meter di tiap penjuru
Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) di Semarang ini dirancang dalam gaya arsitektural campuran Jawa, Islam dan Romawi. Bangunan utama masjid beratap limas khas bangunan Jawa, namun di bagian ujungnya dilengkapi dengan kubah besar berdiameter 20 meter, ditambah lagi dengan 4 menara masing masing setinggi 62 meter di tiap penjuru atapnya (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Marhaban Ya Ramadhan. Bulan suci Ramadan tiba. Bulan Ramadan merupakan bulan suci dalam kalender Hijriyah yang penuh berkah. Adapun amalan yang wajib dikerjakan umat Islam adalah menunaikan ibadah puasa. Pada 2023 ini bertepatan dengan Ramadhan 1444 Hijriyah.

Puasa Ramadan adalah salah satu dari lima rukun Islam dan wajib dilakukan oleh umat muslim yang telah mencapai usia baligh.

Di bulan ini umat Muslim diwajibkan berpuasa selama sebulan penuh, menahan segala hawa nafsu, berperilaku sabar dan tahan akan adanya ujian.

BACA JUGA:

Umat Islam diwajibkan untuk menahan diri dari segala emosi ketika berpuasa, selain tentunya menahan haus dan lapar. Segala emosi, seperti nafsu, amarah dan emosi yang berlebihan lainnya dapat merusak pahala puasa.

Nah, buat yang masih bingung mau ucapkan apa, berikut ini kumpulan lengkap permintaan maaf jelang puasa Ramadan yang bisa digunakan:

  • Bila ada langkah membekas lara, ada kata merangkai dusta, ada tingkah menoreh luka, Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  • Lidah memang tak bertulang. Tiada kita berasa patah ketika berucap. Hati orang lain yang mungkin patah karena lidah yang berucap. Mohon maaf lahir batin atas segala perkataan yang menyakitkan. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  • Manusia tak pernah lari dari salah dan khilaf, karena manusia tidaklah sempurna. Di bulan yang suci ini, marilah bermaafan. Agar tiada dendam dan dengki. Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan.
  • Salah adalah sifat dasar manusia. Tak ada manusia yang tidak pernah berbuat salah. Jelang Ramadan, mohon maaf lahir batin atas kesalahan yang pernah diperbuat.
  • Jika berbuat dosa, mintalah ampunan kepada Allah. Jika berbuat salah, minta maaflah kepada orangnya. Mohon maaf lahir dan batin.
  • Setitik tinta jadi noda. Setitik salah jadi dosa. Bulan penuh berkah segera tiba. Mari tekun ibadah di bulan puasa. Marhaban ya Ramadan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa
  • Kerinduan pada bulan suci Ramadan akan segera terobati. Tinggal menunggu beberapa hari kita akan memasuki bulan yang penuh barokah tersebut. Sebelum itu, ijinkan lah aku meminta maaf atas semua salah kepadamu baik disengaja ataupun tidak. Semoga kita semua selalu dalam limpahan rahmat-Nya.
  • Dalam kerendahan hati, ada ketinggian budi. Dalam kemiskinan harta, ada kekayaan jiwa. Hidup ini terasa indah jika ada maaf. Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  • Mohon maaf atas salah baik yang disengaja maupun tidak. Semoga di bulan suci yang penuh berkah, ada hati yang lapang untuk saling memaafkan. Selamat berpuasa.
  • Puasa Ramadan 30 hari menghalangi kita dari sifat tamak. Ramadan membawa kita menuju hati yang bersih dan penuh kasih. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  • Diawali dengan Bismillah, menyambut bulan penuh barokah. Mari tingkatkan keimanan dan takwa. Semoga diampunkan segala dosa. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  • Siang diisi kebaikan, malam belajar Al-Qur’an. Ramadan jadi penerang, hati yang mulai remang-remang. Marhaban ya Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  • Tiada amal tanpa perpisahan, jika itu untuk kebaikan. Dari jauh aku ucapkan, selamat berpuasa di bulan Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin.
  • Tidak ada tindakan yang lebih bijaksana kepada sesama manusia selain meminta maaf atas semua kesalahannya. Kepada saudaraku sesama muslim, saya (nama anda) meminta maaf atas dosa dan salah yang saya lakukan kepada (penerima maaf). Semoga di dalam bulan suci yang akan segera datang, kita selalu bersih dari segala perbuatan dosa dan maksiat.
  • Bulan suci Ramadan sudah di depan mata, bulan yang penuh keberkahan, bulan yang penuh dengan ampunan. Sudilah kiranya, membuka pintu hati tuk menerima ucapan kami mohon maaf lahir dan bathin. Semoga kita diberi kekuatan dan keringanan dalam menjalankan ibadah shaum.
  • Tak ada kata seindah zikir, tak ada bulan seindah Ramadan. Izinkan kedua tangan bersimpuh maaf untuk lisan yang tak terjaga, janji yang terabaikan, hati yang selalu berperasangka dan sikap yang pernah menyakitkan.
  • Jika berbuat dosa, mintalah ampunan kepada Allah. Jika berbuat salah, minta maaflah kepada orangnya. Untuk itu, mohon dimaafkan segala kesalahan lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  • Tiada kebahagiaan tanpa syukur. Tiada rasa syukur tanpa sabar. Tiada sabar tanpa maaf. Marhaban ya Ramadan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  • Luka sayatan pisau bekasnya lebih mudah hilang. Tapi, ucapan dan perilaku yang menyayat hati mungkin masih berbekas. Mohon maaf atas ucapan dan perilaku yang melukai hati.
  • Selagi masih ada kesempatan, selagi masih ada umur, mohon maaf lahir batin atas kesalahan yang diperbuat. Semoga di Ramadan ini kita mendapat ampunan dari Allah Yang Maha Pengampun. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  • Marhaban ya Ramadan. Bulan suci Ramadan akan segera tiba. Sudah saatnya untuk menyucikan diri dari keburukan dan memperbaiki amal perbuatan dalam kebaikan. Dengan segala kerendahan hati, aku meminta maaf lahir batin. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT.
  • Maaf, satu kata singkat yang mungkin tak mudah diucapkan setulus hati. Namun, menjelang bulan yang suci, kiranya kau maafkan saya sepenuh hati.
  • Jika semua harta adalah racun, maka zakatlah penawarnya. Jika seluruh umur adalah dosa, maka tobatlah obatnya. Jika seluruh bulan adalah noda, maka Ramadanlah pemutihnya. Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  • Dalam kerendahan hati, ada ketinggian budi. Dalam kemiskinan harta, ada kekayaan jiwa. Hidup ini terasa indah jika ada maaf. Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  • Baju yang indah tak ada bolong maupun noda. Semoga di Ramadan tahun ini ibadah kita indah, tak ada yang bolong, tidak pula ternoda. Mohon maaf lahir batin. Selamat berpuasa.
  • Sebentar lagi bulan Ramadan yang penuh berkah akan segera tiba. Siapkan hati dan jiwa untuk lebih mendekatkan diri kepada sang Illahi. Dengan segenap jiwa dan raga, saya meminta maaf apabila telah berbuat salah. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  • Mohon maaf lahir batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.Marhaban ya Ramadan, semoga bulan ini penuh barokah dan maghfirah, mari kita menahan makan dan minum, sholat lebih rajin, menigkatkan imat dan banyak tahan nafsu amarah serta perangi tabiat maksiat. Mohon maaf lahir dan batin.
  • Selembut embun di pagi hari, tengadah tangan sepuluh jari, ucapkan salah setulus hati, mari kita bersama berbenah diri, di bulan Ramadhan yang suci. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  • Tiada bulan seagung ini. Tiada bulan semulia ini. Tiada bulan seberkah ini. Ramadan penuh berkah dan maghfirah. Marhaban ya Ramadan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  • Tiada amal tanpa keikhlasan tiada ampunan tanpa maaf dari sesama. Mohon maaf lahir bathin. Marhaban ya Ramadan. Selamat datang Ramadan.
  • Hati akan gelap tanpa iman. Allah hadir kan satu bulan penuh keberkahan bernama Ramadhan. Semoga Ramadan ini menjadi penerang hati dan penguat iman. Mohon maaaf lahir dan batin. Selamat berpuasa.
  • Pada kesempatan ini, saya memohon maaf lahir dan batin bila langkah membekas lara, bila ada kata merangkai dusta, bila ada tingkah menoreh luka. Selamat melaksanakan ibadah puasa Ramadan.
  • Dalam kerendahan hati, ada ketinggian budi. Dalam kemiskinan harta, ada kekayaan jiwa. Hidup ini indah bila ada maaf. Mohon maaf lahir dan batin, selamat menjalankan ibadah puasa.
  • Lidah memang mudah mengucapkan, namun hati yang terluka tidak mudah memaafkan. Marhaban ya Ramadhan. Mohon maafkan atas ucapan yang menyakitkan.
  • Sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci ramadhan yang penuh dengan keindahan di dalamnya. Ijinkan saya dan keluarga saya meminta maaf apabila telah berbuat salah kepada saudara sekalian. Tidak ada yang lebih mulia selain saling meminta maaf sebagai sesama muslim. Marhaban ya ramadan.
  • Satu tahun tidak terasa, Ramadan telah kembali mengunjungi kita. Semoga yang dilalui dan dilakukan menjadi kebaikan di bulan suci ini. Marhaban ya Ramadan, mohon maaf lahir dan batin.
  • Esok adalah harapan, hari ini adalah pengalaman. Kemarin adalah kenangan, yang tak luput dari kekhilafan, mohon maaf lahir dan batin. Semoga Ramadhan kali ini lebih baik dari Ramadan tahun lalu. Aamiin.
  • Matahari berzikir, angin bertasbih dan pepohonan memuji keagungan-Mu. Semua menyambut datangnya malam Seribu Bulan. Selamat datang Ramadan 1444 H, selamat beribadah puasa. Mohon maaf lahir dan batin.
  • Mengingat kata yang salah, hati yang berprasangka, janji yang terlupakan, sikap dan sifat yang menyakitkan, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  • Marhaban ya Ramadan. Bulan suci yang penuh keberkehan telah tiba. Segenap syukur kita panjatkan kepada Allah yang telah mengijinkan kita memasuki kembali bulan ramadhan yang telah berlalu tahun lalu. Mohon maaf lahir batin jika saya pribadi telah salah dalam tutur kata atau tingkah laku.
  • Mengingat kata yang salah. Hati yang berprasangka. Janji yang terlupakan. Sikap dan sifat yang menyakitkan. Di hari ini izinkanlah aku mengucap, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan.
  • Terselip khilaf pada canda, ada luka tergores pada tawa, terbelit pilu pada tingkah, tersinggung rasa dalam bicara. Mari kita saling memaafkan sebelum bulan suci Ramadhan kita masuki. Semoga kita tetap setia dalam satu jalur, satu doa, satu tujuan: menggapai ridha Allah SWT.
  • Seluruh alam berdzikir menyambut bulan penuh berkah. Kemuliaan bulan seribu bulan. Saat Allah memberikan ampunan. Marhaban ya Ramadan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  • Kalimat yang terucap bisa menggores luka lebih dalam, daripada sebuah pukulan. Menjelang Ramadan, tiada dengki yang boleh merasuki. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  • Marhaban ya Ramadan, bulan suci penuh berkah telah tiba. Saatnya untuk lebih mendekatkan diri pada-Nya, menjauhi keburukan, memperbanyak ibadah. Dengan segala kerendahan hati, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  • Fajar Ramadan kan segera hadir menerangi dunia, selembar sutra menghapus noda, sebening embun penyejuk kalbu, sucikan hati bersihkan jiwa di bulan yang suci. Selamat menunaikan ibadah puasa. Mohon maaf lahir dan batin, meski raga tak bisa bersua.
  • Tak ada kata seindah zikir, tak ada bulan seindah Ramadan. Izinkan kedua tangan bersimpuh maaf untuk lisan yang tak terjaga, janji yang terabaikan, hati yang selalu berprasangka dan sikap yang pernah menyakitkan.
  • Sebelum cahaya padam, sebelum hidup kan berakhir, sebelum pintu taubat tertutup, dan sebelum Ramadan datang. Mohon maafkan lahir dan juga batin, Marhaban ya Ramadan.
  • Setitik tinta jadi noda. Setitik salah jadi dosa. Bulan penuh berkah segera tiba. Mari tekun ibadah di bulan puasa. Marhaban ya Ramadan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  • Bila hati saling terpaut, rasa cinta terjalin indah. Bila salah dan khilaf terjadi, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*