5 Tip Menanamkan Nilai Moral pada Anak di Rumah Buat Para Orang Tua

Sharing for Empowerment

3). Jelaskan Fungsi dan Tujuan Setiap Tindakan

Setiap anak dilahirkan dengan membawa kehendak bebas, karena itu biarkan mereka untuk terbiasa menentukan pilihan. Namun, bukan berarti mereka bisa memilih sesuka hati. Jelaskan fungsi dan tujuan dibalik setiap tindakan, bantu anak memahami bahwa ada konsekuensi dari setiap pilihan yang diambil.

4). Memberi Apresiasi

Pada saat anak berhasil menjalankan nilai moral yang sudah Papa dan Mama terapkan, maka berilah apresiasi yang sebaiknya disesuaikan dengan bahasa kasih anak, agar mereka semakin merasa dicintai. Apresiasi merupakan bentuk dukungan Papa dan Mama terhadap tindakan yang anak lakukan.

5). Mengingatkan Konsekuensinya

Ketika anak melakukan perbuatan yang tidak sesuai dengan moral, ingatkan mereka apa konsekuensinya. Contohnya, apabila anak berbohong, maka di waktu selanjutnya ada kemungkinan Ia akan kehilangan kepercayaan.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*